Seluruh Dunia Alami Resesi, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diprediksi Tahun 2021 Lebih Tinggi

- 15 November 2020, 11:30 WIB
Ilustrasi ekonomi turun.
Ilustrasi ekonomi turun. /Pixabay/Geralt. /

SERANGNEWS.COM - Pertumbuhan ekonomi di seluruh dunia tahun 2020 mengalami penurununan akibat pandemi covid-19 termasuk Indonesia.

Namun pada tahun 2021, Bidang Ekonomi PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi lebih tingggi.

Peneliti Senior Bidang Ekonomi PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Poltak Hotradero mengatakan wajar pertumbuhan ekonomi mengalami penurunan 2020 ini.

Baca Juga: Semua Hotel Wajib Memiliki Sertifikat CHSE, di Kota Bogor Hanya Baru Ada Lima

Untuk proyeksi 2021, sambung Poltak, akan tergantung pada pemulihan aktivitas umum masyarakat yang sempat terhambat oleh pandemi.

Dia melihat, kata Poltak, belanja pemerintah masih akan menjadi pendorong utama di kuartal I-2021 lewat berbagai stimulus sebelum konsumsi swasta mengambil alih sebagai motor pertumbuhan ekonomi di kuartal II dan kuartal III-2021.

"Akan jauh lebih baik lagi bila vaksinasi Covid-19 sudah dapat terlaksana sehingga aktivitas masyarakat bisa kembali normal seperti sebelum pandemi," katanya seperti dikutip Serangnews.com dari Antara Minggu, 15 November 2020.

Baca Juga: Tekan Penyebaran Covid-19, CFD di Kota Serang Minggu Besok Ditiadakan

Ke depan pertumbuhan ekonomi akan terus meningkat dengan tahapan perbaikan yang akan ditentukan dengan pengendalian pandemi. Saat ini, sektor rumah tangga dan dunia usaha terlihat masih sangat berhati - hati dalam beraktivitas ekonomi.

Halaman:

Editor: Adi R

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x