Musim Hujan, Masyarakat Diminta Waspada Leptospirosis

- 4 November 2020, 12:15 WIB
Ilustrasi Leptospirosis - test.
Ilustrasi Leptospirosis - test. /Lifepack.id./

SERANGNEWS. COM - Selain penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang juga meminta masyarakat mewaspadai penyakit Leptospirosis.

Penyakit yang populer di Indonesia dengan sebutan penyakit kencing tikus ini, mesti diwaspadai di musim penghujan. 

Sebab penyakit jenis ini bisa menjangkiti manusia lewat sentuhan air, tanah basah atau tanaman yang terkontaminasi oleh urine binatang yang terinfeksi.

Baca Juga: Dihantam Covid-19, Pembangunan 750 PJU di Kabupaten Serang Dibatalkan 

Kasi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, Muhammad Affan mengatakan penyakit ini mesti diwaspadai di musim hujan, karena biasanya di musim penghujan banyak tikus keluar. 

"Yang harus diwaspadai bukan gigitan tapi air kencingnya, biasanya di musim penghujan itu sering keluar," katanya, Rabu 4 November 2020. 

Dikatakan Affan, sifat tikus itu setiap dia kaget pasti kencing, itu yang bahaya air kencing bisa menyerang organ dalam manusia. 

Baca Juga: Mantan Jenderal TNI Ajak Masyarakat Bumikan Moderasi Beragama  

"Biasanya sering terjadi di dapur, misal saat lagi masak terus ditinggal sebentar pas balik lagi ada tikus lagi nyari makanan melihat manusia kaget kencing, dapurnya juga biasanya kurang higienis," bebernya. 

Halaman:

Editor: Kiki

Sumber: Klik Dokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x