Terungkap Fakta Baru, Jepang Malu Mengakui Pernah Menjajah Indonesia hingga Menyembunyikan Aib Ini

- 14 Desember 2021, 23:18 WIB
 Dalam kurikulum pendidikan Jepang, diketahui cerita sejarah tentang penjajahan ini sudah tak pernah mengajarkan bahwa Jepang pernah menjajah Indonesia
Dalam kurikulum pendidikan Jepang, diketahui cerita sejarah tentang penjajahan ini sudah tak pernah mengajarkan bahwa Jepang pernah menjajah Indonesia /Pixabay/12019

SERANG NEWS - Sebagai negara yang pernah terjajah oleh Jepang selama 3,5 tahun, Indonesia akhirnya merdeka pada 17 Agustus 1945.

Jepang tiba ke Indonesia yang saat itu masih bernama Hindia Belanda.

Pada mulanya kedatangan Jepang ke Hindia Belanda begitu disambut karena ikut membantu mengusir penjajah Belanda di tanah Nusantara.

Namun setelah mengetahui tanah air Indonesia menyimpan potensi sumber daya alam yang berlimpah, Jepang khilaf dan ikut-ikutan menjajah.

Bahkan menurut berbagai sumber, sistem tanam paksa atau Romusha yang berlaku membuat penduduk pribumi semakin menderinta.

Tapi tahukah kamu bahwa Jepang hingga saat ini tidak pernah mengakui bahwa pernah menjajah Indonesia.

Sampai saat ini pemerintah Jepang masih tidak mengakui bahwa pernah menjajah Indonesia.

Bukan karena kalah perang melawan Amerika Serikat, tetapi pemerintah Jepang mengakui bahwa penjajahan yang mereka lakukan kepada Indonesia adalah aib.

Baca Juga: Ada Apa Tanggal 14 Desember: Hari Bersejarah Indonesia hingga Kelahiran Bintang Bola Liga Inggris, Siapa Dia?

Halaman:

Editor: Muh Iqbal Zikri

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah