Pulau Pagai Selatan Diguncang Gempa Magnitudo 5,9, Lokasinya Dekat Gempa 2010 yang Memicu Tsunami

- 3 Agustus 2021, 08:18 WIB
Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi /PIXABAY/Tumisu./

SERANG NEWS - Gempa berkekuatan magnitudo 5,9 mengguncang Pulau Pagai Selatan pada Selasa 3 Agustus 2021 pukul 05:48 WIB.

Gempa Pulau Pagai Selatan magnitudo 5,9 itu terletak pada episenter koordinat 3,23° LS; 100,11° BT.

Tepatnya berada di laut pada jarak 25 kilometer arah barat Pulau Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada kedalaman 21 kilometer.

Baca Juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Presiden Jokowi Klaim Kasus Covid-19 Alami Penurunan

"Pagi ini gempa magnitudo 5,9 guncang Pulau Pagai Selatan. Dari peta intensitasnya tampak muncul warna kuning (VI MMI) artinya berpotensi merusak tetapi krn Pagai merupakan batuan keras maka belum tentu terjadi kerusakan," kata Kepala Bidang Migitasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono melalui akun Twitter @DaryonoBMKG.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, ucap dia, gempa Pagai Selatan merupakan jenis gempa dangkal akibat subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia di zona megathrust Segmen Mentawai-Pagai.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa Pagai M5,9 pagi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault) yang menjadi ciri khas gempa megathrust," ucapnya.

Baca Juga: Dihadiri Gubernur, Kapolda dan Danrem, Bantuan Rp2 Triliun Akidi Tio Diduga Bohong

Menurutnya, guncangan gempa Pagai pagi ini dirasakan sangat kuat di Pulau Pagai Selatan IV-V MMI yang berpotensi merusak dan warga berlarian ke luar rumah, Mukomuko dirasakan kuat dalam III-IV MMI, Bengkulu Utara, Padang, Pariaman II-III MMI, Kepahiang, Kota Bengkulu, dan Curup II MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat Gempa Pagai Selatan Mag. 5,9. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI," tuturnya.

Halaman:

Editor: Masykur Ridlo

Sumber: Twitter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x