Setelah Jabodetabek, Layanan Telemedicine Diperluas hingga Bali, Banten hanya Tangerang

- 23 Juli 2021, 16:27 WIB
Layanan Telemedicine untuk pasien isolasi mandiri./setkab.go.id/
Layanan Telemedicine untuk pasien isolasi mandiri./setkab.go.id/ /


SERANG NEWS
- Setelah melalui tahapan ujicoba di DKI Jakarta, kemudian diperluas hingga Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) kini layanan Telemedicine diperluas kembali sampai ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Namun penggunaan layanan telemedicine di Jabar, Jateng, Jatim dan Bali baru menjangkau skala perkotaan.

Setelah diperluas, layanan telemedicine bisa diakses warga yang berada di Karawang, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Yogyakarta, Kota Surabaya, Kota Malang, dan Kota Denpasar.

Baca Juga: Tebus Obat Gratis di Apotek Kimia Farma Untuk Pasien Telemedicine, Begini Caranya

Sedangkan di Provinsi Banten, layanan telemedicine hanya bisa diakses oleh warga Tangerang, sedangkan Kabupaten/ Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak dan Pandeglang belum bisa.

Ada 11 platform telemedicine di Indonesia yang bekerjasama dengan Kemenkes RI, antara lain Halodoc, YesDok, Alodokter, Klik Dokter, SehatQ, Good Doctor, Klinikgo, Link Sehat, Milvik, Prosehat, dan Getwell.

Baca Juga: Klaim PPKM Darurat Turunkan Kasus Covid-19, Jokowi Janjikan Bantuan 2 Juta Obat Gratis Pasien Isoman

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, drg. Widyawati mengatakan, layanan telemedicine ini dilakuka secara gratis, dimulai dari proses pengambilan dan pemeriksaan sampel di laboratorium.

“Untuk mendapatkan layanan ini, pasien harus melakukan tes PCR/Antigen di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan,” kata Widyawati dikutip SerangNews.com dari Kemenkes.go.id pada Jumat, 23 Juli 2021.

Baca Juga: Daftar 5 Apotek Kimia Farma Melayani Tebus Obat Gratis, Lengkap dengan Nomor Kontak dan Lokasinya

Halaman:

Editor: Muh Iqbal Zikri

Sumber: Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x