Ramai Bipang Ambawang, Fadjroel Rachman: Bipang dari Beras, Makanan Kesukaan Saya Sejak Kecil

- 9 Mei 2021, 04:05 WIB
Juru bicara Presiden, Fajroel Rachman sebut Bipang makanan kesukaanya.
Juru bicara Presiden, Fajroel Rachman sebut Bipang makanan kesukaanya. /Instagram/@fajroelrachman

SERANG NEWS - Juru Bicara Presiden Jokowi Fadjorel Rachman menyatakan Bipang yang disebutnya sebagai makanan kesukaannya.

Sebelum Fadroel Rachman menyebut Bipang yang disebutnya berbahan beras, publik tanah air sedang dihebohkan soal makanan Bipang Ambawang.

Hal ini bermula dari ucapan Presiden Joko Widodo yang menyebut beberapa kuliner khas daerah untuk sajian Lebaran Idul Fitri. Dari nama-nama kuliner yang disebutkan Presiden Jokowi, ada nama Bipang Ambawang.

Baca Juga: Bipang Ambawang Makanan Khas Kalbar yang di Endorse Jokowi Trending Topik di Twitter

Ucapan Presiden Jokowi ini dinilai publik kuras pas. Pasalnya, kuliner Bipang Ambawang yang disebut khas dari Pontianak, Kalimantan Barat itu, menggunakan bahan babi, yang di dalam agama Islam diharamkan.

Kehebohan yang memicu polemik warga net ini pun membuat Menteri Perdagangan Muhammad Lufti turun tangan dan mengklarifikasinya.

"Berkaitan dengan pernyataan mengenai Bipang Ambawang, kita harus melihat dalam konteks secara keseluruhan. Pernyataan Bapak Presiden ada dalam video yang mengajak masyarakat Indonesia untuk mencintai dan membeli produk lokal," ujar Lutfi dalam video klarifikasinya, Sabtu, 8 Mei 2021.

Baca Juga: Mendag Minta Maaf dan Klarifikasi Pernyataan Jokowi Soal Viralnya Babi Panggang Alias Bipang Ambawang

Lutfi menjelaskan, pernyataan Jokowi itu ditujukan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang terdiri dari beragam suku agama dan budaya kuliner Nusantara dari berbagai daerah.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x