Gandeng Shopee, Begini Gebrakan Gibran Rakabuming untuk UMKM Solo Go Ekspor

- 25 April 2021, 15:31 WIB
Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka.
Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka. /Instagram.com/@pemkot_solo

SERANG NEWS - Shopee Indonesia resmi menandatangani kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kota Surakarta dalam rangka kolaborasi strategis untuk mempersiapkan UMKM Solo Go Ekspor.

Menurut Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, bahwa kesepakatan kerjasama antara pemerintah Kota Surakarta dengan Shopee Indonesia dilakukan agar pelaku UMKM di Indonesia terus berkembang.

“Kami mengapresiasi langkah nyata yang dilakukan oleh Shopee dalam memberikan wadah bagi para pelaku UMKM di Indonesia untuk dapat terus berkembang, terutama dalam menyalurkan produk ke luar negeri,” katanya dikutip SerangNews.com dari Antara Minggu 25 April 2021.

Baca Juga: Pangdam IX Udayana Bersama dengan Shopee Indonesia Bantu Sediakan Air Bersih untuk NTT

Mengawali kerja sama ini, Shopee mengadakan rangkaian kegiatan edukasi untuk mendukung para pelaku usaha mikro di Kota Surakarta.

Shopee Indonesia akan menguatkan lima fokus utama, yaitu edukasi yang berkesinambungan, penyaluran pendanaan, pemasaran online, sistem pembayaran dan logistik, dan ekspor.

Menurut Gibran, cara ini dilakukan supaya dengan banyaknya akses dan edukasi yang diberikan bagi para pelaku UMKM untuk dapat berjualan online dapat membuat mereka optimistis dalam mengembangkan bisnis di masa pandemi sekarang.

Baca Juga: Sebulan Dipimpin Gibran, Kota Solo ‘Banjir’ Bantuan dari Kementerian

Hingga sekarang, tercatat ada sekitar 40.000 UMKM di Kota Surakarta yang terdaftar di Shopee, dan 5.000 di antaranya memiliki toko ekspor aktif.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x