BMKG dan BNPB: Waspada Potensi Bibit Siklon Tropis 94W pada 13-19 April 2021

- 13 April 2021, 21:54 WIB
Ilustrasi potensi bibit siklon tropis 94W
Ilustrasi potensi bibit siklon tropis 94W /Pixabay/WikiImages/

SERANG NEWS- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau Pemerintah Provinsi (Pemprov) di Indonesia mewaspadai potensi bibit siklon tropis 94W yang diperkirakan terjadi pada 13-19 April 2021.

Bahkan seriusnya peringatan itu, Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan sudah menyurati semua pemerintah provinsi pada Selasa, 13 April 2021 mengenai kewaspadaan dengan menekankan pada peringatan dini dan langkah-langkah kesiapsiagaan.

Lilik menambahkan, BNPB berharap pemerintah provinsi untuk menginstruksikan beberapa upaya. Di antaranya, meningkatkan koordinasi dengan BMKG di wilayah terkait dengan perkembangan potensi bibit siklon tropis.

Baca Juga: Kenali Siklon Tropis Seroja yang Terjang NTT, Ini Penjelasan BMKG!

Baca Juga: BMKG: Waspada Siklon Tropis Seroja yang Terjang NTT Diprediksi Menguat 24 Jam ke Depan

Kemudian meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir, dan hujan es.

"Termasuk dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang maupun jalan licin," ungkapnya Lilik, yang dikutip SerangNews.com dari Antara pada Selasa 13 April 2021.

Selain itu, Lilik meminta koordinasi antardinas terkait dan aparatur untuk kesiapsiagaan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi serta kewenangan masing-masng.

Baca Juga: Daftar Negara dengan Waktu Puasa Ramadhan Terlama dan Tercepat di Dunia

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x