Gelombang Ekstrem Berpotensi Terjang Pesisir Banten Selatan, BMKG Ingatkan Dampak Siklon Tropis Seroja

- 6 April 2021, 12:06 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi.  BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait dengan gelombang tinggi yang akan terjadi dibeberapa wilayah Indonesia.
Ilustrasi gelombang tinggi. BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait dengan gelombang tinggi yang akan terjadi dibeberapa wilayah Indonesia. / Pixabay/Gerhard Lipold

SERANG NEWS – Gelombang ekstrem akibat Siklon Tropis Seroja berpotensi menghantam wilayah pesisir Banten Selatan dan beberapa wilayah pesisir di Indonesia.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga agar waspada gelombang ekstrem di wilayah pesisir Banten Selatan dan wilayah Indonesia lainnya.

Gelombang ekstrem di wilayah Banten Selatan dan beberapa wilayah Indonesia ini, diperkirakan akan terjadi dengan kisaran gelombang mulai dari 2 hingga 6 meter pada 6 hingga 7 April 2021.

Baca Juga: Ada Dua Bibit Siklon Tropis, BNPB Sebut Cuaca Ekstrem di NTT Bisa Berlanjut hingga 9 April 2021

Baca Juga: Kenali Siklon Tropis Seroja yang Terjang NTT, Ini Penjelasan BMKG!

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo mengatakan, terdapat Siklon Tropis Seroja (989 hPa) di perairan Pulau Sawu. Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara pada umumnya bergerak dari Barat Laut - Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Barat Daya - Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 5 - 45 knot.

“Potensi gelombang tinggi diperkirakan pada 6-7 April 2021, yang akan terjadi di sejumlah wilayah perairan Indonesia,” katanya dikutip SerangNews.com dari Antara, Selasa 6 April 2021.

Ia mengungkapkan, kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan barat Lampung - selatan Jawa Barat, perairan Pulau Sumba, perairan Pulau Sewu, perairan Kupang - Pulau Rotte, Samudra Hindia selatan Nusa Tenggara Timur.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x