Pandeglang Diguncang Gempa Magnitudo 5,1, BMKG Pastikan Tidak Berpotensi Tsunami

- 26 Februari 2021, 07:41 WIB
Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi /PIXABAY/Tumisu./

SERANG NEWS - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,1 mengguncang Pandeglang pada Jumat 26 Februari 2021 sekitar pukul 02.45 dini hari.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berjenis tektonik itu terjadi pada episenter koordinat 6,75 LS dan 105,6 BT.

Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 54 kilometer arah Barat Daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 60 kilometer. BMKG memastikan dari hasil pemodelan, gempa tidak menyebabkan tsunami.

Baca Juga: Arti Mimpi Bertemu Mantan, Mau CLBK? Simak Penjelasannya di Sini!

Sementara, guncangan gempa dirasakan di daerah Pandeglang (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Malingping, Carita, Sumur, Munjul, dan Labuan (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter nya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Baca Juga: Prediksi Ikatan Cinta Jumat 26 Februari 2021, Reyna Anak Nino, Al Syok, Andin Minta Lakukan Ini 

BMKG mencatat, hingga hari Jumat 26 Februari 2021 pukul 03.20 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan ( aftershock).

BMKG juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Halaman:

Editor: Kiki

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x