Jokowi Tegaskan Indonesia Tidak Akan Impor Beras Saat Musim Panen Raya

- 27 Maret 2021, 00:22 WIB
Presiden Jokowi Minta Hentikan Perdebatan Soal Impor Beras yang Akan Rusak Harga Gabah Petani.
Presiden Jokowi Minta Hentikan Perdebatan Soal Impor Beras yang Akan Rusak Harga Gabah Petani. /Tangkapan Layar youTube/ Sekretariat Presiden/

SERANG NEWS -- Presiden Jokowi akhirnya buka suara perihal rencana Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi yang berencana impor beras satu juta ton dari Thailand. Jokowi menegaskan menolak rencana tersebut.

Melalui laman media sosial Facebook, Jokowi memastikan Pemerintah tidak akan impor beras hingga bulan juni 2021 mendatang.

"Saya perlu tegaskan bahwa tidak akan ada impor komoditas beras hingga bulan Juni mendatang. Selama hampir tiga tahun belakangan ini, Indonesia juga tidak mengimpor beras," ujar Jokowi, dikutip SerangNews.com, Jumat 26 Maret 2021.

Baca Juga: 16 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia, Jokowi: Vaksin Ini Aman dan Halal

Baca Juga: Ini Ketum HMI dan PMII Terpilih Hasil Kongres yang sama-sama Dibuka Presiden Jokowi

Meski begitu, Jokowi mengakui ada perjanjian kerjasama antara negara Indonesia dengan Thailand dan Vietnam. Menurutnya, kerjasama tersebut dilakukan untuk menjaga agar ketersediaan bahan makanan pokok seperti beras tetap tersedia.

"Memang, saat ini terdapat nota kesepahaman antara Indonesia dengan Thailand dan Vietnam. Nota kesepahaman itu adalah opsi yang dapat ditempuh sewaktu-waktu. Kita berjaga-jaga di tengah situasi pandemi yang penuh ketidakpastian saat ini," ujarnya.

Baca Juga: Angkat Bicara Soal Isu Jokowi Ingin Presiden 3 Periode, Megawati: yang Ngomong yang Kepengen!

Jokowi pun menjamin pemerintah tidak akan impor beras saat musim panen raya tiba. Ia pun sudah meminta Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) dan Kementerian Keuangan agar menyiapkan anggaran untuk menyerap beras dari petani lokal tersebut.

Halaman:

Editor: Muh Iqbal Zikri

Sumber: Facebook


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x