Ini Dua Nama Calon Kapolri Pengganti Jenderal Idham Azis yang Pernah Menjabat Kapolda Banten

- 10 Januari 2021, 07:00 WIB
Komjen Boy Rafli Amar (kanan) dan Komjen Listyo Sigit Prabowo (kiri). Dua Calon Kapolri yang pernah menjabat sebagai Kapolda Banten.
Komjen Boy Rafli Amar (kanan) dan Komjen Listyo Sigit Prabowo (kiri). Dua Calon Kapolri yang pernah menjabat sebagai Kapolda Banten. /Kolase Mabes Polri/Serang News/

SERANG NEWS – Ada dua nama Calon Kapolri pengganti Jenderal Pol Idham Azis yang tercatat pernah menjabat sebagai Kapolda Banten.

Dua itu yakni, Komjen Boy Rafli Amar yang saat ini menjabat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Komjen Listyo Sigit Prabowo yang sedang menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri.

Komjen Boy Rafli Amar menjadi Kapolda Banten selama dua tahun pada Desember 2014 hingga April 2016. Setelah itu, Boy menduduki Kapolda Papua sebelum kembali ke Mabes Polri untuk menjadi Wakalemdiklat dan beberapa posisi strategis lainnya.

Baca Juga: 5 Calon Kaporli Siap Berebut Restu Jokowi, Mahfud MD Akui Serahkan Daftar Nama Ini

Baca Juga: Profil dan Rekam Jejak Nama-nama Calon Kapolri Pengganti Jenderal Pol Idham Azis

Doktor Ilmu Komunikasi dari Universitas Padjadjaran ini juga tercatat sebagai ahli dalam penanganan terorisme. Ia sempat menjadi bagian Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror dalam mengusut kasus bom Bali.

Sedangkan Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolda Banten pada 2016-2018. Lulusan Akpol 1991 yang dikenal dekat dengan Presiden Jokowi ini lantas menduduki jabatan Kadiv Propam Polri pada 2018-2019, sebelum diangkat menjadi Kabareskrim.

Selain dua nama ini, ada tiga nama lainnya yang masuk dalam bursa Calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang akan pensiun pada 1 Februari 2021.

Ketiganya yakni, Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Komjen Arief Sulistyanto, serta Kepala Badan Pemeliharaa Keamanan Polri Komjen Agus Andrianto.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x