Hingga Juni 2020 Tercatat 398.784 kasus ODHA di Indonesia, Tahun 2030 Ditargetkan Nol Kasus Baru

- 2 Desember 2020, 10:09 WIB
lustrasi logo HIV/AIDS sebagai bentuk dukungan. *
lustrasi logo HIV/AIDS sebagai bentuk dukungan. * /Boldsky.com

SERANG NEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menargetkan pada tahun 2030 mendatang nol kasus baru HIV/AIDS.

Selain tidak ada kasus baru, Kemenkes juga menargetkan tidak ada kematian dan stigma negatif atau diskriminatif terhadap ODHA.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Oscar Primadi mewakili Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pada peringatan HAS yang mengangkat tema ''Perkuat Kolaborasi, Tingkatkan Solidaritas: 10 Tahun Menuju Akhir AIDS 2030'.

Baca Juga: Tegas, Polisi Akan Bubarkan Jika Warga Tetap Nekad Gelar Reuni 212

"Untuk mengakhiri epidemi dan ending HIV/AIDS pada 2030, kita mewujudkan Three Zero yaitu tidak ada kasus baru HIV/AIDS, tidak ada kematian akibat HIV/AIDS, tidak ada stigma dan diskriminasi pada ODHA," katanya dikutip dari laman Kemenkes RI, Selasa 1 Desember 2020.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, hingga Juni 2020 jumlah ODHA di Indonesa dilaporkan mencapai 398.784 kasus. Dari jumlah tersebut, diperkirakan pada tahun 2020 ini jumlahnya meningkat menjadi 543.100 orang.

Baca Juga: Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas, Ini Lokasi yang Berpotensi Terdampak

Melalui dokumen Rencana Aksi Nasional (RAN), hingga tahun 2024 ditargetkan infeksi HIV berkurang, infeksi baru HIV, Sifilis dan Hepatitis B pada anak berkurang serta Infeksi Sifilis menurun.

Untuk mencapai target tersebut, Kementerian Kesehatan telah mencanangkan Program STOP (Suluh, Temukan, Obati dan Pertahankan).

Sementara, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Siti Nadia Tarmizi mengatakan, bagian penting adalah mendorong setiap orang mengetahui status HIV pada dirinya dengan melakukan tes HIV serta segera melakukan pengobatan ARV bagi ODHA.

Halaman:

Editor: Adi R

Sumber: kemenkes.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x