Resep Membuat Es Cincau Hitam Gula Merah, Seger dan Enak untuk Berbuka Puasa Ramadhan, Ini Cara membuatnya

- 12 April 2022, 15:45 WIB
Resep Membuat Es Cincau Hitam Gula Merah/Youtube Nuraaini Soewarto
Resep Membuat Es Cincau Hitam Gula Merah/Youtube Nuraaini Soewarto /Resep Membuat Es Cincau Hitam Gula Merah/Youtube Nuraaini Soewarto


SERANG NEWS - Berikut resep membuat Es Cincau Gula Hitam Merah yang segar dan enak dinikmati untuk berbuka puasa Ramadhan. Begini cara membuatnya.

Es cincau merupakan minuman segar semacam agar-agar yang terbuat dari daun-daun tumbuhan. Ada dua jenis cincau, yaitu cincau hitam dan cincau hijau, keduanya berasal dari tumbuhan yang berbeda pula.

Untuk cincau hitam sendiri, berasal dari tumbuhan P.palustre atau juga dikenal dengan sebutan janggelan, sedangkan jenis cincau hijau, berasal dari tumbuhan Cyclea barbata. Cincau memiliki rasa yang netral, dan tawar, serta memiliki teksturnya yang lembut dan kenyal.

Umumnya cincau disajikan dengan campuran minuman manis lainnya, misalnya dalam minuman es campur, es buah, es cincau dan lain sebagainya. Es cincau menjadi sajian favorit dan disukai banyak orang. Es cincau mampu meredakan dahaga saat berbuka puasa.

Baca Juga: Resep dan Cara Buat Kue Kering Selai Strawberry, Cemilan Manis, Gurih nan Praktis untuk Sajian Lebaran

Nah salah satu kreasi umum, dari minuman es cincau yang sering kita jumpai, ialah: Es Cincau Hitam Gula Merah. Perpaduan manisnya gula merah, dan rasa cincau yang netral, menjadikan minuman satu ini sangat menggugah selera.

Walau sajian es cincau hitam gula merah cukup sederhana, minuman satu ini menjadi salah satu pilihan menu untuk berbuka puasa.

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat es cincau hitam gula merah, adalah sebagai berikut:

1. 1 kotak cincau hitam ukuran besar
2. 250 gr gula merah
3. 350 ml air
4. 500 ml susu uht
5. Es secukupnya
6. 1 lembar daun pandan.

Halaman:

Editor: Muh Iqbal Zikri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x