TV Digital Apakah Menggunakan Internet? Simak dan Siapkan Alat Penangkap Sinyal Frekuensi TV

- 5 Juni 2021, 20:02 WIB
Apakah TV dibgital memerlukan sinyal?
Apakah TV dibgital memerlukan sinyal? /Tim Mossholder/Pexels/Lensa Banyumas

SERANG NEWS – TV digital apakah menggunakan internet? Untuk menjawab pertanyaan ini, simak penjelasan pada artikel ini.

Sebelum menjawab pertanyaan TV digital apakah menggunakan internet, rasanya perlu tahu lebih dahulu apa yang dimaksud TV digital itu.

Sistem penyiaran TV Digital adalah penggunaan apliksi teknologi digital pada sistem penyiaran TV yang dikembangkan di pertengahan tahun 90 an dan diujicobakan pada tahun 2000.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Siaran TV Digital? Berikut Penjelasan dan Kelengkapan Alat yang Dibutuhkan

Pada awal pengoperasian sistem digital ini umumnya dilakukan siaran TV secara Simulcast atau siaran bersama dengan siaran analog sebagai masa transisi.

“Sekaligus ujicoba sistem tersebut sampai mendapatkan hasil penerapan siaran TV Digital yang paling ekonomis sesuai dengan kebutuhan dari negara yang mengoperasikan,” tulis lama resmi Sekolat Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STIMIK) Banjarbaru yang dikutip SerangNews.com, Sabtu 5 Juni 2021.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka siaran TV digital tidak menggunakan internet. Hal ini senada dengan penjelasan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang menyebut siaran TV digital bukan streaming internet, yang membutuhkan pulsa atau kuota data.

Baca Juga: Link Live Streaming MotoGP Catalunya, Maverick Vinales Tak Ingin Buat Kesalahan Lagi

“Untuk menonton siaran TV digital, tidak perlu internet, pulsa, atau membayar biaya langganan tiap bulan,” papar penjelasan tersebut.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x