Gempa Tektonik Magnitudo 5,3 di Sumbar, Tidak Berpotensi Tsunami

- 18 November 2020, 14:21 WIB
Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi /Tumisu/Pixabay/

SERANG NEWS - Gempa bumi terjadi di Samudera Hindia, Pesisir Selatan Sumatera Barat dengan parameter magnitudo 5,3 pada Rabu 18 November 2020 sekitar pukul 11.41.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,75 LS dan 100,42 BT atau tepatnya berlokasi di lait pada jarak 47 kilometer arah Barat Daya kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga: Unggah Video Ceramah Habib Rizieq, Jimly Asshiddiqie: Ini Ceramah yang Berisi Kebencian

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalamam hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi," cuit akun @InfoHumasBMKG pada Rabu, 18 November 2020.

Baca Juga: Pasca Dipanggil Polisi, Tagar Anies Baswedan for Presiden Indonesia 2024 Trending di Twitter

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," imbuhnya.

Guncangan gempa bumi, dirasakan di Painan, Tua Pejat III-IV MMI,Padang, Padang Panjang, Padang Pariaman, Solok Selatan II-III MMI, Pasaman, Pasaman Barat, Sijunjung II MMI.

Baca Juga: Kini Hadir di Indonesia, Kenali Masker MA-950I yang Lolos Uji Standar Kesehatan Jepang dan Amerika

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut, hasil pemodelan menunjukan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujarnya.***

 

Editor: Adi R

Sumber: Twitter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah