Jelang Hari Santri 2022, Gus Muhaimin Kukuhkan Laskar Santri Indonesia di Ponpes Malnu Pandeglang

- 15 Oktober 2022, 18:59 WIB
Jelang Hari Santri 2022, Gus Muhaimin Kukuhkan Laskar Santri Indonesia.
Jelang Hari Santri 2022, Gus Muhaimin Kukuhkan Laskar Santri Indonesia. /Kiki/SerangNews. /

SERANG NEWS - Menyambut Hari Santri 2022, Panglima Santri Indonesia, Gus Muhaimin mengukuhkan Laskar Santri Indonesia.

Deklarasi Laskar Santri Indonesia ini digelar di Ponpes Manlu Pusat, Menes, Kabupaten Pandeglang, Sabtu 15 Oktober 2022.

Menurut Gus Muhaimin, lahirnya Hari Santri Nasional tidak terlepas dari peran santri dan para ulama dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

"Akhir tahun 80-an atau awal tahun 90-an, para pemuda NU berkumpul, menggali informasi, membuka catatan sejarah perjuangan para wali, para ulama di pesantren," kata Gus Muhaimin dalam sambutannya. 

Baca Juga: Di Kota Serang, Banten, Aktor Tommy Kurniawan Deklarasikan Gus Muhaimin Iskandar Capres 2024

Sebelum kemerdekaan Indonesia diproklamirkan pada tahun 1945, pesantren lebih dahulu lahir pada tahun 1916, itu artinya bahwa sebelum bangsa ini merdeka, para ulama telah mengokohkan barisan keumatan dan kemasyarakatan.

"Ini fakta sejarah yang tidak boleh dilupakan, kalau Bung Karno ada istilah Jasmerah, kita waktu itu munculkan Jas Hijau, jangan sekali-kali hilangkan jasa ulama, dalam menegakkan kebenaran dan kebangsaan kita," ujarnya.

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2015, Gus Muhaimin selaku Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membuat komitmen bersama Presiden Jokowi dan Wakil Presiden, Jusuf Kalla.

"Hingga disahkan Hari Santri Nasional pada tanggal 22 Oktober 2015," katanya. 

Halaman:

Editor: Kiki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x