Fenomena Langka Planet Sejajar Masih Bisa Dilihat Sampai Akhir Juni, Ini Waktu Terbaiknya

- 24 Juni 2022, 14:41 WIB
Foto Planet Sejajar 2022, Gambar Asli Hasil Tangkapan Teleskop Ada Disini
Foto Planet Sejajar 2022, Gambar Asli Hasil Tangkapan Teleskop Ada Disini /Tangkapan layar

SERANG NEWS - Fenomena planet sejajar yang langka bisa dinikmati mulai Jumat 24 Juni 2022 pagi tadi.

Namun, bagi yang tidak bisa menikmati 7 planet sejajar karena mendung atau hal lainnya, jangan khawatir, tidak perlu menunggu sampai 18 tahun mendatang.

Sebab, fenomena langka itu masih bisa dinikmati hingga akhir Juni 2022.

Baca Juga: Cara Melihat Fenomena Planet Sejajar Tanpa Teleskop Jumat 24 Juni 2022, Terjadi Selama 50 Menit di Wilayah Ini

Sepanjang Juni 2022, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus telah berbaris membentang membentuk garis zigzag di langit tenggara dalam urutan orbitnya dari matahari.

Fenomena planet tersebut akan bergabung dengan tamu istimewa sebagai slot bulan sabit di antara Venus dan Mars yang bertindak sebagai 'pengganti' dari Bumi.

Menurut Sky & Telescope dari situs resmi astronomy space dikutip SerangNews.com 24 Juni 2022, Merkurius akan terbit setiap pukul 05.00 pagi waktu setempat yang berarti akan ada cukup waktu untuk melihat fenomena tersebut sebelum matahari terbit.

Baca Juga: Detik-detik Lihat Fenomena Planet Sejajar di Indonesia Tanpa Teleskop Hari Ini, Cek Jam Berapa Selengkanya

Peristiwa ini tentunya sangat disayangkan jika terlewati, pasalnya fenomena planet sejajar ini terakhir terjadi pada tahun 2004 dan akan terjadi lagi pada tahun 2040.

Menurut BBC Science Focus dari akun Instagram @infoastronomy, waktu terbaik untuk melihat keselarasannya adalah antara pukul 3:39 pagi dan pada pukul 4:43 pagi hari sebelum matahari terbit.

Halaman:

Editor: Masykur Ridlo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah