Muncul Penyakit Hepatitis Misterius di Tengah Pandemi Covid-19 dan Belajar Tatap Muka, Ini Gejala pada Anak

- 20 Mei 2022, 12:58 WIB
Ilustrasi pengecekan kesehatan anak
Ilustrasi pengecekan kesehatan anak /Rivan Awal Lingga/ANTARA FOTO

SERANG NEWS - Hepatitis misterius akut yang kini mendadak muncul jadi alasan orang tua untuk ragu memberikan izin pada buah hatinya mengikuti kegiatan belajar tatap muka di sekolah. 

Kekhawatiran ini dikarenakan kebijakan SKB 4 Mentri mewajibkan lokasi dengan PPKM level 1 dan 2 untuk 100 persen mengadakan PTM (Pembelajaran tatap muka).

Dan untuk lokasi PPKM level 3,4 hanya diwajibkan 50 persen dari keseluruhan siswa untuk mengadakan PTM.

Kementrian Kesehatan menjelaskan bahwa pemerintah kini tidak mengeluarkan kebijakan khusus untuk melakukan penutupan terhadap sekolah dengan alasan Hepatitis misterius akut.

Namun dalam rangka antisipasi Hepatitis akut disekolah, Kemenkes siap berkolabirasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Upaya pencegahan disekolah ini akan difokuskan di UKS (Unit kesehatan sekolah) tiap sekolah.

Baca Juga: Heboh Penyakit Hepatitis Akut, Yuk Kenali Apa Fungsi Hati dan Cara Merawatnya untuk Kesehatan

Hal tersebut dijelaskan dalam diskusi dengan tema "Hepatitis Akut Mengancam, Bagaimana Antisipasinya?" di Jakarta, Kamis, 19 Mei 2022. 

"Kita sama sekali tidak ada kebijakan kalau ada Hepatitis akut sekolah akan ditutup," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam 

"Kita akan mengeluarkan informasi serta program bagaimana edukasi yang bisa dilakukan sekolah dalam mengantisipasi hepatitis akut, termasuk memperkuat program UKS," tuturnya.

Menurut Kemenkes, penyebaran dan penularan Hepatitis akut di Indonesia masih dapat ditangani dan terkendali.

Berdasarkan catatan yang dimiliki Kemenkes, 7 di antara 14 kasus hepatitis akut terjadi pada usia di bawah lima tahun, tiga orang dengan usia 11-16 tahun, dan empat orang berusia 5-10 tahun.

Halaman:

Editor: Muh Iqbal Zikri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x