Makanan Khas Tahu Sumedang Ramai-ramai Diserbu Pemudik

- 5 Mei 2022, 15:05 WIB
Rumah Makan Tahu Palasari, satu-satunya pabrik tahu Sumedang yang pernah dikunjungi mantan Presiden RI.
Rumah Makan Tahu Palasari, satu-satunya pabrik tahu Sumedang yang pernah dikunjungi mantan Presiden RI. /kabar-priangan.com/Taufik Rohman/
 
 
 
SERANG NEWS - Siapa yang tidak tahu dengan makanan khas tahu Sumedang? 
 
Makanan tahu ini memang sudah menjadi ciri khas tersendiri dari Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. 
 
Tahu Sumedang ini sudah terkenal sejak lama dan menjadi salah satu oleh-oleh yang kerap dibawa oleh para pemudik yang akan kembali ke kota. 
 
Meski hanya berbentuk seperti tahu goreng pada umumnya, namun ciri khas rasa yang berbeda membuat orang berduyun-duyun untuk membelinya. 
 
Seperti pemandangan pada salah satu tempat yang menjual tahu Sumedang di wilayah Situraja, Sumedang yang ramai diserbu para pemudik. 
 
Berdasarkan pantauan SerangNews.com, ramainya pemudik yang membeli makanan khas Sumedang tersebut hingga menyebabkan terjadinya kepadatan arus lalu lintas. 
 
 
Salah seorang pembeli tahu Sumedang, Narto yang merupakan pemudik asal Tangerang mengatakan bahwa dirinya berniat membeli tahu Sumedang untuk dijadikan oleh-oleh. 
 
"Iya ini buat oleh-oleh di kota nanti, kebetulan ini mau pulang lagi ke kota," ujar Narto kepada SerangNews.com pada Kamis, 5 Mei 2022.
 
Menurutnya, memang ada ciri khas sendiri jika membeli tahu Sumedang dari Sumedang nya langsung dari pada membeli di kota lain. 
 
"Kan biasanya di kota saya juga ada yang jual, tapi rasanya berbeda dibandingkan dari Sumedangnya langsung," terangnya. 
 
Hal serupa pun disampaikan Gunawan yang merupakan pemudik lainnya di lokasi yang sama. 
 
 
Gunawan mengatakan bahwa memang ada ciri khas rasa dari tahu Sumedang yang asli buatan dari Sumedang. 
 
Namun, dirinya tidak bisa menjelaskan ciri khas rasa tersebut, Gunawan menuturkan bahwa membeli tahu Sumedang sudah menjadi rutinitas ketika akan kembali ke kota. 
 
"Rasa tahu nya beda, cuma ga bisa dijelasin bedanya gimna, ini udah jadi kebiasaan kalo mau balik lagi ke kota ya pasti beli tahu ini," ungkapnya. 
 
 
Gunawan menyampaikan bahwa sepengetahuan dirinya memang sejak dahulu makanan khas Sumedang ini sudah ramai pembeli baik itu yang akan menuju kampung halaman, maupun yang akan kembali ke kota. 
 
"Sejak saya kecil juga makanan tahu Sumedang udah rame yang beli," tuturnya. ***
 

Editor: Muh Iqbal Zikri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x