Khalid Basalamah Minta Maaf Atas Video Ceramahnya yang Diduga Haramkan Wayang Viral, Begini Penjelasannya

- 15 Februari 2022, 11:32 WIB
Ustadz Khalid Basalamah menyampaikan permohonan maaf dan klarifikasi atas penggalan ceramahnya soal wayang.
Ustadz Khalid Basalamah menyampaikan permohonan maaf dan klarifikasi atas penggalan ceramahnya soal wayang. /Tangkap layar Instagram @khalidbasalamahofficial/

SERANG NEWS – Pendai Khalid Basalamah melakukan klarifikasi dan minta maaf soal video ceramahnya yang diduga haramkan wayang viral di media sosial.

Khalid Basalamah mengaku video tersebut terjadi setahun lalu di Masjid Blok M Jakarta yang telah dipenggal salah satu jamaahnya.

“Video ini teman-teman kami buat untuk klarifikasi sekaligus permohonan maaf atas potongan pertanyaan yang diajukan salah satu jemaah beberapa tahun baru di Masjid Blok M di Jakarta, dan sekaligus jawaban kami tentang masalah wayang,” katanya dikutip SerangNews.com dari unggahan video di akun Instagram @khalidbasalamah, Selasa 15 Februari 2022.

Khalid Basalamah mengklarifikasi persoalan wayang tersebut menjadi tiga bagian. Yang pertama lingkupnya dalam pengajian dan jawabannya kepada si penanya.

Baca Juga: Heboh Ceramah Khalid Basalamah, Budayawan hingga Pejabat Negara Kompak Bicara Wayang

“Saat ditanyakan masalah wayang, saya mengatakan alangkah baiknya dan kami sarankan, kami sarankan agar menjadikan Islam sebagai tradisi jangan menjadikan tradisi sebagai Islam dan tidak ada kata-kata saya di situ mengharamkan,” katanya.

“Saya mengajak agar menjadikan Islam sebagai tradisi, makna kata-kata ini juga kalau ada tradisi yang sejalan dengan Islam, tidak ada masalah dan kalau bentrok sama Islam ada baiknya ditinggalkan, ini sebuah saran,” sambungnya.

Potongan kedua, lanjut Basalamah, saat penanya menanyakan bagaimana taubatnya dalang.

Baca Juga: Fakta Wayang dalam Perkembangan Teknologi di Indonesia, Menjadi Nama Pesawat hingga Kapal Tempur

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Instagram


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x