Heboh Ceramah Khalid Basalamah, Budayawan hingga Pejabat Negara Kompak Bicara Wayang

- 14 Februari 2022, 14:24 WIB
Ilustrasi seorang dalang sedang memainka pertunjukan wayang kulit.
Ilustrasi seorang dalang sedang memainka pertunjukan wayang kulit. /Tangkap layar YouTube Djiwo Laras Indonesia/

SERANG NEWS – Budayawa hingga pejabat Negara kompak soroti soal wayang setelah heboh ceramah ustadz Khalid Basalamah menyoal wayang.

Beberapa budayawan yang menyoroti wayang di antaranya Sudjiwo Tedjo dan Persatuan Pendalang Indonesia (Pedali) Banyumas Raya. Sedangkan pejabat Negara yang dimaksud adalah Menkopolhukam Mahfud MD.

Mereka menyoroti wayang tak lepas dari ceramah Khalid Basalamah yang diiduga mengharamkan wayang dan beredar di media sosial.

Penulurusan SerangNews.com, video tersebut diunggah dalam kanal YouTube YarifTV setahun lalu, tepatnya pada 11 April 2020.

Baca Juga: Persatuan Dalang Ancam Pidanakan Ustadz Khalid Basalamah karena Dugaan Haramkan Wayang

Namun belakangan video tersebut beredar kembali di media sosial. Dalam video tersebut Ustaz Khalid Basalamah merepon pertanyaan jamaah soal hukum wayang.

“Tanpa mengurangi hormat terhadap tradisi dan budaya, kita harus tahu, bahwa kita Muslim dan dipandu agama," kata Basalamah dikutip SerangNews.com, Senin 14 Februari 2022.

Menurutnya, arusnya Islam dijadikan tradisi dan budaya. Bukan budaya yang diIslamkan. Sebab hal itu sangat sulit karena budaya sangat banyak.

Ia menyebut wayang peninggalan nenek moyang yang mungkin bisa dikenang. Namun bukan berarti harus dilakukan.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Twitter Youtube ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x