Mengenal Wayang, Sejarah Asal Usul hingga Ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Budaya Indonesia

- 12 Februari 2022, 16:49 WIB
Mengenal wayang, sejarah asal-usul hingga ditetap UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia.
Mengenal wayang, sejarah asal-usul hingga ditetap UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia. /SerangNews.com./Ken Supriyono/

SERANG NEWS – Wayang sudah menjadi warisan budaya asli Indonesia. Hal ini sebagaimana pengakuan badan budaya dunia atau UNESCO.

Penetapan wayang sebagai warisan budaya asli Indonesia tak lepas dari sejarah asal-usul wayang yang sudah mengakar dalam kehidupan masyarakat Nusantara.

Seni pewayangan merupakan kesenian yang tumbuh dan berkembang di Jawa sejak zaman prasejarah. Keberadaan wayang di Jawa hingga sekarang menunjukkan tetap digemari masyarakat.

“Pemahaman terhadap seluk beluk jagad wayang tidak dapat dipisahkan dengan budaya Jawa. Sebaliknya belajar budaya Jawa harus memahami jagad budaya wayang,” kata Franz Magnis Suseso dikutip SerangNews.com dalam buku Wayang dan Panggilan Manusia terbitan Gramedia Pustaka Utama yang terbit 1991.

Baca Juga: Sejarah Wayang dan Macam-macam Wayang di Indonesia

Prof Sri Teddy Rusdy menjelaskan, kesenian tradisional wayang adalah seni panggung pertunjukkan klasik tradisional Jawa yang terhitung sangat tua.

Sejak abad ke-IX sudah dikenal wayang dalam budaya Jawa Kuno, yakni masa pemerintahan Raja Kahuripan di bawah Raja Airlangga dengan karya sastra Serat Arjunawiwaha oleh Mpu Kanwa.

“Secara historis wayang telah lama hidup di Indonesia yang meletakan dalang sebagai perhatian tunggal sehingga keberhasilan sebuah pergelaran wayang terletak di tangan ki dalang,” tulis Prof Sri Teddy dikutip SerangNews,com dalam buku Semiotika Wayang dan Filsafat Wayang, terbitan Yayasan Kertagama, Jakarta 2015.

Badan kebudayaan dunia atau ENESCO menetapkan wayang sebagai pertunjukan boneka bayangan tersohor dari Indonesia pada 7 November 2003.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Buku


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x