KRI Ardadedali 404, Kapal Selam 'Tempur' TNI AL dari Nama Panah Arjuna di Kisah Mahabharata Wayang Jawa

- 12 Februari 2022, 13:31 WIB
KRI Ardadedali 404, kapal tempur selam TNI AL yang diambil dari panah sakti Arjuna.
KRI Ardadedali 404, kapal tempur selam TNI AL yang diambil dari panah sakti Arjuna. /Kemhan.go.id/

SERANG NEWS - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) memiliki lima kapal selam atau kapal tempur untuk memperkuat sistem pertahanan negara.

Salah satunya KRI Ardadeli 404. Kapal tempur TNI AL yang diambil dari nama senjata atau panah sakti milik Arjuna dalam kisah wayang Jawa Mahabharata.

Dalam kisah wayang Jawa Mahabharta diceritakan, Arjuna memiliki beberapa senjata sakti, seperti Panah Pasopati, Busur Gandiwa, Brahmastra dan Panah Ardadedali.

Panah Ardadedali digambarkan memiliki ujung seperti burung dan memiliki jiwa. Paruh burung tersebut akan mematuk musuh yang ditujunya ketika dilepaskan.

Baca Juga: Senjata Sakti Arjuna di Perang Mahabharata, Salah Satunya Menjadi Perlengkapan Perang TNI Angkatan Laut

Anak panah Ardadedali konon menjadi senjata yang dahsyat, yang dapat melumpuhkan musuhnya di medan pertempuran besar.

"Nama Ardadedali pada Kapal Selam TNI AL diharapkan akan memberikan makna yang mendalam," tulis laman resmi Kemhan yang dikutip SerangNews.com, Minggu 22 Februari.

KRI Ardadedali 404 dipesan sesuai rencana Minimum Essential Force TNI yang telah ditetapkan dari 3 kapal selam yang dipesan Pemerintah Indonesia dari Pemerintah Korea.

Kapal diproduksi galangan Daewoo Shipbuildinbg and Enginerring Co.Ltd (DSME) Korea Selatan. Kapal tempur ini dipesan Indonesia pada masa Menteri Pertahanan Ryamizard Raycudu pada 24 April 2018.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: kemhan.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x