Duh Ngeri Banten Dalam Ancaman Tsunami Ketinggian 20 Meter, Diawali Gempa Megathrust Magnitudo 8,7

- 25 Januari 2022, 05:47 WIB
Apakah benar gempa megathrust akan memicu gelombang tsunami?.
Apakah benar gempa megathrust akan memicu gelombang tsunami?. /Pixabay/KELLEPICS

SERANG NEWS - Duh ngeri, Banten dalam ancaman Tsunami, ketinggian capai 20 meter, diawali gempa Megathrust Magnitudo 8,7.

Isu akan terjadinya gempa berkekuatan Magnitudo 8,7 yang akan menerjang selat Sunda semakin ramai diperbincangkan masyarakat.

Prediksi selat Sunda akan terjadi gempa berkekuatan 8,7 disertai tsunami setinggi 20 meter berdasarkan permodelan BMKG, BRIN dan ITB.

Perekayasa Balai Teknologi Infrastruktur Pelabuhan dan Dinamika Pantai Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Widjo Kongko mengatakan gempa Banten kemarin merupakan bentuk kewaspadaan. 

Baca Juga: Gempa Selat Sunda Magnitudo 5,3 Dipicu Subduksi Lempeng pada Zona Transisi Megathrust

Dikatakan Widjo, gempa Banten yang belum lama terjadi kembali mengingatkan akan adanya potensi gempa bumi Megathrust Selat Sunda yang mencapai magnitudo 8,7.

"Gempa yang terjadi di Banten ini mengingatkan adanya potensi ancaman di Selatan Jawa, Selat Sunda, Sumatera, dengan potensi megathrustnya,” ujar Widjo Kongko dikutip dari Antara Selasa 25 Januari 2022.

Doktor yang pernah meneliti potensi gempa bumi megathrust dan tsunami di Selatan Jawa tersebut mengatakan gempa bumi Banten terjadi di daerah yang disebut sebagai seismic gap, yakni zona yang selama ini tidak menunjukkan adanya aktivitas seismik.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan segmen Megathrust Selat Sunda merupakan salah satu zona seismik gap di Indonesia yang selama ratusan tahun belum terjadi gempa besar, sehingga patut diwaspadai. 

Halaman:

Editor: Kiki

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah