Informasi Penting! Tanggal 3 Januari Ada Apa: Ini Peristiwa Paling Bersejarah di Indonesia dan Dunia

- 3 Januari 2022, 00:59 WIB
Ilustrasi tanggal 3 Januari ada apa dan hari ini hingga disebut paling bersejarah untuk Indonesia dan dunia
Ilustrasi tanggal 3 Januari ada apa dan hari ini hingga disebut paling bersejarah untuk Indonesia dan dunia /Freepik.com/rawpixel.com/

SERANG NEWS - Informasi penting untuk diketahui tanggal 3 Januari hari apa dan ada apa menjadi ulasan menarik redaksi SerangNews.com. Simak juga peristiwa sejarah Indonesia dan dunia.

Pada hari ini tanggal 3 Januari bertepatan dengan momen bersejarah di lembaga negara Indonesia.

Meskipun pada tanggal 3 Januari bukan sebagai Hari Libur Nasional atau tanggal merah, tapi momen ini harus diperingati sebagai hari pembentukan Depatermen Agama.

Dikutip dari laman resmi Kemenag, Departemen Agama (Depag) merupakan lembaga di bawah Pemerintah Republik Indonesia yang membidangi segala urusan tentang agama.

Baca Juga: Tanggal 14 Desember Hari Apa hingga Trending di Google: Ini Peristiwa Penting yang Bersejarah di Indonesia

Seiring perjalan waktu dan perkembangan ketatanegaraan, Departemen Agama kini sudah diubah menjadi Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia.

Peringatan Hari Departemen Agama bermula pada 3 Januari 1946 (29 Muharram 1365 Hijriyah) dan pemerintah pada jaman itu mengangkat Haji Mohammad Rasjidi sebagai Menteri Agama Pertama.

Ketika itu Penetapan Pemerintah No I/S.D. tanggal 3 Januari 1946 menetapkan pembentukan Kementerian Agama dalam Kabinet Sjahrir II.

Adapun Haji Mohammad Rasjidi merupakan seorang tokoh organisasi Muhammadiyah.

Halaman:

Editor: Muh Iqbal Zikri

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x