Bukan China, Penambang Bitcoin Teratas Dunia Geser ke Amerika Serikat

- 13 Oktober 2021, 21:21 WIB
ilustrasi bitcoin.
ilustrasi bitcoin. /pixabay.com/tombark/

SERANG NEWS - China bukan lagi menjadi pasar penambangan bitcoin teratas dunia. Saat ini, penambangan teratas ada di Amerika Serikat.

Hal itu berdasarkan data terbaru Cambridge Bitcoin Electricity Consumption Index (CBECI).

Sebelumnya, China mendominasi pasar penambangan teratas dunia sejak CBECI mulai mencatat data pada September 2019 lalu untuk tingkat hash masing-masing negara, unit ukuran untuk kekuatan pemrosesan jaringan bitcoin untuk memverifikasi transaksi dan penambangangan token cryptocurrency.

Baca Juga: Hari 'National I Love You Day' Dirayakan Tanggal 14 Oktober, Apa Bedanya dengan Valentine?

Operasi penambangan terkonsentrasi di negara itu karena listriknya yang murah, dan menjadi rumah bagi beberapa kumpulan dan pertukaran penambangan top dunia.

Pada bulan Juni, China menyumbang 34,3 persen dari tingkat hash global, turun dibandingkan April 2020 yang berada di angka 65 persen.

Namun, data terbaru CBECI untuk Juli dan Agustus menunjukkan China di 0 persen.

Baca Juga: Siaga Perang Dadakan, Singapura Nekat Simpan Gudang Senjata di Bawah Tanah, Jumlahnya Bikin Merinding

AS sekarang menjadi penambang terbesar di dunia dalam hal tingkat hash dengan 35,4 persen pada Agustus, diikuti oleh Kazakhstan dan Rusia dengan 18,1 dan 11,2 persen.

Pada bulan Mei, Komite Stabilitas dan Pengembangan Keuangan Dewan Negara China, yang diketuai oleh Wakil Perdana Menteri Liu He, berjanji untuk menindak penambangan bitcoin.

Halaman:

Editor: Masykur Ridlo

Sumber: SCMP


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x