Inilah 2 Obat untuk Pasien Covid-19 yang Dierkomendasikan WHO, Bisa Mengurangi Risiko Kematian!

- 7 Juli 2021, 18:26 WIB
WHO memberikan rekomendasi obat Roche dan Sanofi dengan tujuan untuk mengurangi risiko kematian akibat Covid-19.
WHO memberikan rekomendasi obat Roche dan Sanofi dengan tujuan untuk mengurangi risiko kematian akibat Covid-19. /Reuters/Benoit Tessier

SERANG NEWS - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan 2 obat baru untuk mengurangi risiko kematian pasien yang dirawat akibat Covid-19.

Dua obat tersebut masih terbilang ke dalam kategori obat radang sendi, Actemra dari Roche dan Kevzara dari Sanofi.

WHO merekomendasikan hal tersebut setelah adanya data dari sekitar 11 ribu pasien menunjukkan bahwa obat ini bisa mengurangi risiko kematian bagi pasien Covid-19.

Baca Juga: WHO akan Dirikan Pusat Vaksin Covid di Afrika Selatan

Ini adalah temuan dari meta-analisis prospektif dan jaringan hidup yang diprakarsai oleh WHO, analisis obat terbesar hingga saat ini. Data dari lebih dari 10.000 pasien yang terdaftar dalam 27 uji klinis dipertimbangkan.

Dengan temuan tersebut, WHO akhirnya memperbarui pedoman perawatan pasien Covid-19 untuk memasukkan penghambat reseptor interleukin-6, yang merupakan kelas obat yang menyelamatkan nyawa pasien yang sakit parah atau kritis akibat Covid-19.

Baca Juga: WHO Labeli Varian Baru Covid-19, Kenali 4 Varian Baru Ini

Ini adalah obat pertama yang ditemukan efektif melawan Covid-19 sejak kortikosteroid direkomendasikan oleh WHO pada September 2020.

Pasien yang sakit parah atau kritis akibat Covid-19, sering menderita reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh, yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan pasien.

Halaman:

Editor: Muh Iqbal Zikri

Sumber: WHO


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x