Potensi Gempa Dahsyat Magnitudo 8.9 dan Gelombang Tsunami 26 Meter di Jawa Timur, Ini Penjelasan BMKG!

- 2 Juni 2021, 22:39 WIB
Ilustrasi gempa dan tsunami
Ilustrasi gempa dan tsunami /Pixabay/Kellepics//

SERANG NEWS- Potensi gempa bumi dahsyat disertai gelombang tsunami dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Jawa Timur.

Bahkan dalam upaya mitigasi, BMKG melakukan pemodelan matematika untuk mengukur potensi gempa terkuat dan tinggi maksimum tsunami yang bisa menyapu Jawa Timur.

Termasuk potensi gempa dan tsunami beradasarkan data zona seismik gap hingga catatan sejarah geografis gempa di wilayah itu.

Baca Juga: Bergerak ke Filipina, BMKG Prediksi Siklon Tropis Surigae Berkembang Jadi Topan

Baca Juga: BMKG dan BNPB: Waspada Potensi Bibit Siklon Tropis 94W pada 13-19 April 2021

Diketahui, berdasarkan pemodelan matematis, Jawa Timur berpotensi diguncang gempa hingga kekuatan magnitudo 8.9 dan tinggi maksimum tsunami mencapai 29 meter.

"Itu diketahui dari sejarah dan data-data yang terekam hingga saat ini, akhirnya kami menyusun pemodelan secara matematis potensi tsunami di Jawa Timur," ungkap Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam webinar bertajuk Kajian dan Mitigasi Gempa bumi dan tsunami di Jawa Timur, akhir pekan lalu.

Dwikorita menambahkan, hasil analisis BMKG untuk wilayah Jawa Timur, potensi tsunami seluruh pesisir tinggi maksimum adalah 26-29 meter di Kabupaten Trenggalek.

Baca Juga: Trending! Garuda Indonesia Punya Utang Rp70 Triliun, Yenny Wahid: Kami Berjuang Agar Tak Dipailitkan

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x