Dewan Pers Ingatkan Wartawan Ikuti UKW untuk Menjaga Kualitas Pemberitaan

- 29 Maret 2021, 20:08 WIB
Perwakilan Dewan Pers Asep Setiawan usai membuka UKW tingkat muda dan madya, yang diselenggarakan Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) di Ibis Hotel Trans Stodio, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin 29 Maret 2021.
Perwakilan Dewan Pers Asep Setiawan usai membuka UKW tingkat muda dan madya, yang diselenggarakan Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) di Ibis Hotel Trans Stodio, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin 29 Maret 2021. /Ken Supriyono/SerangNews.com/

SERANG NEWS – Dewan Pers ingatkan wartawan untuk menjaga kualitas produk pemberitaannya sesuai kaidah jurnalistik. Pemberitaan yang ditulis harus akurat dan memberikan nilai pendidikan kepada publik.

Hal ini disampaikan Perwakilan Dewan Pers Asep Setiawan saat membuka Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tingkat muda dan madya, yang diselenggarakan Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) di Ibis Hotel Trans Stodio, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin 29 Maret 2021.

“Kualitas pers di Indonesia tergantung SDM (sumber daya manusia) atau wartawannya,” kata Asep.

Baca Juga: Perkuat Kualitas Jurnalisme, PRMN Susun Modul UKW dan TOT untuk Jejaring 160 Media di Daerah

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas, Pikiran Rakyat Media Network Lahirkan Para Penguji UKW untuk Media Online

Asep menilai, wartawan saat ini banyak menjadi sorotan publik karena terjadi penurunan kuailtas dalam menulis berita.

“Persoalan wartawan jadi perhatian pejabat pemerintah, menteri, tokoh masyarakat yang dilihat hasil jurnalistiknya semakin mendapat kritik, dalam kata lain mengalami penurunan,” katanya.

Karena itu, ucap Asep, penguatan kualitas dan profesionalisme wartawan dilakukan dengan UKW secara berkala, mulai muda, madya hingga utama. Hal ini agar wartawan memahami Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan Pedoman Media Cyber bagi media online.

Baca Juga: Polisi Tangkap Dua Terduga Teroris di Condet, Keduanya Usaha 'Showroom' Mobil Bekas

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x