Soal Kawanan Monyet Liar yang Serang Warga di Perumahan Puspiptek, Pemkot Tangsel Diminta Segera Relokasi

- 29 Januari 2021, 15:23 WIB
Pengamat kebijakan publik Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang, Adib Miftahul.
Pengamat kebijakan publik Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang, Adib Miftahul. /Ade Maulana/SERANG NEWS/

SERANG NEWS - Insiden penyerangan kawanan monyet liar terhadap warga di Pkawasan Perumahan Dinas Puspitek Serpong, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan (Tangsel) perlu mendapat perhatian serius.

Pemkot Tangsel disarankan melakukan tindakan mencari solusi melindungi warganya sekaligus mengamankan keberadaan monyet liar tersebut.

Pengamat Kebijakan Publik Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang Adib Miftahul menilai, kawanan monyet liar di kawasan Perumahan Dinas Puspitek Serpong harus segera dicarikan solusi.

Baca Juga: Bocah di Perumahan Puspiptek Tangsel Diserang Monyet Liar, Dua Tangan Penuh Jahitan Akibat Luka Parah

Untuk itu, dikatakan Adib, Pemkot Tangsel harus segera melakukan koordinasi dengan dua kementerian. Yakni Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK).

Adib, Pemkot Tangsel bisa merelokasi ke tempat yang lebih aman. Hal itu guna meminimalisir dan mencegah serangan lanjutan yang akan akan timbul kemudian hari.

Adib menyebut, faktor kawanan monyet menyerang manusia juga tak terlepas dari pesatnya pembangunan mengakibatkan ekosistem binatang primata endemik tersebut terancam.

Baca Juga: Sebulan Tiga Kali Diserang Monyet Liar, Warga Perumahan Puspitek Tangsel: Harus Segera Ditindak!

"Dari pada dimusnahkan, lebih baik ditangkarkan atau direlokasi," ucapnya saat dihubungi wartawan, Jumat 29 Januari 2021.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x