Karirnya Dekat dengan Jokowi, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Ditunjuk sebagai Kapolri?

- 11 Januari 2021, 18:28 WIB
 Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi calon kuat Kapolri.
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi calon kuat Kapolri. /Instagram.com/@bareskim.polri

SERANG NEWS - Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo disinyalir menjadi calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis. Hubungannya juga dekat dengan Presiden Jokowi.

Nama Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memang dikenal cukup dekat dengan Presiden Jokowi. Bahkan karirnya lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 ini seiring sejalan dengan orang nomor satu di Indonesia saat ini.

Saat Presiden Jokowi menjadi Walikota Solo, Komjen Pol Sigit Prabowo juga menjadi Kapolresta Solo pada sekira tahun 2011. Saat itu, Presiden Jokowi masih menjabat Walikota Solo hingga tahun 2012.

Baca Juga: Ini Dua Nama Calon Kapolri Pengganti Jenderal Idham Azis yang Pernah Menjabat Kapolda Banten

Jokowi kemudian terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta sampai akhirnya terpilih menjadi Presiden Indonesia ke tujuh pada Pilpres 2014. Pada saat inilah Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo didaulat menjadi ajudan Presiden Jokowi dengan pangkatnya yang masih Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol).

Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo kemudian ditugaskan menjadi Kapolda Banten. Ia mulai menjabat Kapolda Banten pada 2016-2018.

Tak lama berselang naik pangkat menjadi perwira bintang satu atau Brigjend Pol. Kemudian menjadi Kadiv Propam Polri pada 2018-2019.

Baca Juga: Profil dan Rekam Jejak Nama-nama Calon Kapolri Pengganti Jenderal Pol Idham Azis

Pada akhirnya, ia diangkat menjadi Kabareskrim, pada 6 Desember 2019, menggantikan Kapolri saat ini, Jenderal Pol Idham Azis yang dilantik menjadi orang nomor satu di Korps Bhayangkara.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Berbagai Sumber INSulteng


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x