Cetak Sejarah Baru sebagai Mensos, Ini Sederet Fakta Soal Sosok Tri Rismaharini

- 25 Desember 2020, 04:30 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini.
Menteri Sosial Tri Rismaharini. /Instagram @tri.rismaharini/

SERANG NEWS - Tri Rismaharini resmi didapuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Sosial (Mensos) per Rabu 22 Desember 2020 dalam kabinet Indonesia Maju.

Rismaharini menggantikan Juliari Batubara yang tersangkut dugaan korupsi bantuan sosial (Bansos).

Masuknya Risma sebagai Mensos mencatatkan sejarah baru dalam perpolitikan Indonesia. Pasalnya, Risma menjadi walikota pertama yang masuk ke dalam struktur kabinet Indonesia Maju. Risma juga masih aktif sebagai Walikota Surabaya atau rangkap jabatan.

Baca Juga: Mobil Tertabrak Kereta Api di Serang, Sopir Meninggal Dunia

Baca Juga: Login di apb.kemdikbud.go.id, Cara dan Cek BLT APB Sebesar Rp1 Juta

Selain mencatatan sejarah sebagai walikota pertama yang menjadi menteri, Risma tercatat sebagai Wali Kota Surabaya wanita pertama yang terpilih secara langsung sepanjang sejarah Surabaya. Yakni pada periode pertama 2010-2015 dan periode kedua 2015-2020.

Risma menempuh pendidikan dasar di Sekolah Dasar Negeri Kediri dan lulus pada tahun 1973. Ia melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Surabaya dan lulus pada tahun 1976. Lalu, pendidikan ke SMA Negeri 5 Surabaya dan lulus pada tahun 1980.

Risma melanjutkan pendidikan sarjana di jurusan Arsitektur, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dan lulus pada tahun 1987. Kemudian, pendidikan pascasarjana Manajemen Pembangunan Kota di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang lulus pada tahun 2002.

Baca Juga: Politisi Partai Gelora Fachri Hamzah: Apakah Kita Masih Akan Bertengkar, Saatnya Rekonsiliasi

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah