Karni Ilyas Umumkan ILC Edisi Terakhir, Fadli Zon: Menyedihkan dan Kabar Buruk Bagi Demokrasi Kita

- 17 Desember 2020, 16:13 WIB
Fadli Zon sayangkan ILC berhenti.
Fadli Zon sayangkan ILC berhenti. /@fadlizon/Instagram/

SERANG NEWS - Indonesia Lawyer Club (ILC) yang dipimpin wartawan senior Karni Ilyas menjadi salah satu tayangan temu wicara yang cukup populer di Indonesia.

Sejak tayang pada 2008, ILC banyak menghadirkan perdebatan silang pendapat dari para elit politi Tanah Air menyikapi berbagai isu politik, hukum, dan sosial. Namun, belum lama ini, Karni Ilyas mengumumkan ILC akan cuti dalam waktu yang panjang pada 2021.

Belum ada kepastian kapan ILC akan kembali tayang. Pengumuman itu pun mendapat respon dari Politisi Gerindra Fadli Zon yang namanya kerapnya menjadi salah satu nara sumber acara yang ditayangkan secara live di salah televisi nasional Tanah Air.

Baca Juga: BSU Guru PAI Non PNS Segera Cair, Ini Skema Pencairannya

"Ini adalah sebuah berita yang cukup mengejutkan karena kita ketahui semakin sedikit acara atau platform yang membuat diskusi, perdebatan yang begitu terbuka mencerminkan sebuah negara demokrasi," kata Fadli Zon yang dikutip SerangNews.com melalui kanal YouTube Fadli Zon, Kamis 17 Desember 2020.

ILC yang dimpimpin Bang Karni Ilyas, nilai Fadli, memberi ruang untuk berdiskusi, berdialog, bahkan debat yang cukup sengit tentang berbagai isu-isu aktual, baik di bidang politik, hukum, sosial, budaya dan bidang lainnya.

"Sejak 2008 mulanya Jakarta Lawyers Club kemudian menjadi Indonesia Lawyers Club, acara ini menurut saya telah berpartisipasi, memberi andil dan jasa dalam berdemokrasi kita," ucap Fadli.

Baca Juga: Produsen Pala Dunia Asal Belanda Akan Investasi Rp4,2 Triliun di Papua Barat

"Tentu saja ini berita yang mengejutkan sekaligus menyedihkan. Kabar buruk bagi demokrasi kita karena acara seperti ILC tidak banyak di televisi kita yang mampu mempertarungkan berbagai ide dari semua kubu, dari dua kubu yang silang berpendapat. Di situlah menurut saya ciri dari berdemokrasi dan peran serta pers dalam mengawal keadaan demokrasi kita," sambung Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019 ini.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: YouTube Twitter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x