Tegas, Dalam Sidang PBB, Indonesia Minta Distribusi Vaksin Merata 

- 5 Desember 2020, 21:53 WIB
Menlu Retno Marsudi pada Sesi Khusus Sidang Majelis Umum PBB untuk menanggapi Pandemi COVID-19 yang diselenggarakan secara virtual dari New York tanggal 3-4 Desember 2020.
Menlu Retno Marsudi pada Sesi Khusus Sidang Majelis Umum PBB untuk menanggapi Pandemi COVID-19 yang diselenggarakan secara virtual dari New York tanggal 3-4 Desember 2020. /kemlu.go.id/

SERANG NEWS - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi pada Sesi Khusus Sidang Majelis Umum PBB untuk menanggapi pandemi Covid-19 secara tegas meminta PBB pastikan distribusi vaksin untuk semua negara. 

"Ditemukannya vaksin bukanlah akhir dari tantangan. Tugas kita berikutnya adalah memastikan vaksin dapat diakses dan didistribusikan dengan adil bagi semua,” tegas Menlu dalam Sidang Majlis Umum PBB yang digelar secara virtual dari New York tanggal 3-4 Desember 2020.

Banyak negara, utamanya negara berkembang, memiliki keterbatasan kapasitas dalam produksi dan distribusi vaksin, karenanya PBB harus mampu membantu memastikan distribusi vaksin untuk semua.

“PBB harus mampu membantu negara-negara anggotanya meningkatkan kapasitas distribusi vaksin, baik terkait infrastruktur maupun kapasitas sumber daya manusia,” ujar Menlu.

Baca Juga: Awas! Jaringan Kriminal Bisa Mengincar Vaksin Covid-19 dan Menjualnya Dalam Bentuk Palsu 

Baca Juga: Mudahkan Distribusi ke Masyarakat, Pemkot Serang Bentuk Satgas Vaksin

Seruan yang sama disampaikan oleh Presiden Majelis Umum PBB, Volkan Bozkir. 

“Kami memahami bahwa dunia sangat mengharapkan kepemimpinan PBB dalam penanganan krisis ini. PBB harus tampil ke depan, mengambil langkah nyata, dan meningkatkan kepercayaan dunia,” ujarnya.

Sementara itu, Sekjen PBB Antonio Guterres menyoroti dampak pandemi yang paling dirasakan oleh kelompok masyarakat yang paling rentan.

Halaman:

Editor: Kiki

Sumber: Setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x