Sandiaga Uno Potensial Gantikan Edhy Prabowo, Pengamat: Gerindra Mencari Figur Perbaiki Citra Partai

- 2 Desember 2020, 22:56 WIB
Sandiaga Uno.
Sandiaga Uno. / /Instagram.com/@sandiagauno//

SERANG NEWS - Sejumlah nama mencuat ke publik dan dinilai potensial menggantikan posisi Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelauatan dan Perikanan (KKP).

Salah satu nama yang dinilai layak yakni, pengusaha sekaligus Politisi Partai Gerindra, Sandiaga Uno dan Anggawira. Keduanya juga dinilai punya kedekatan khusus dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Kemunculan nama Sandiaga Uno dan Anggawira menjadi sorotan pengamat politik yang juga Wakil Direktur Eksekutif Pusat Kajian Politik (Puskapol) FISIP Universitas Indonesia (UI) Hurriyah.

Dia menilai, Sandiaga Uno dan Anggawira memiliki peluang cukup besar untuk dipilih menjadi Menteri KKP menggantikan Edhy Prabowo.

Baca Juga: Menteri KKP Tersangka Kasus Suap, Najwa Sihab Singgung Soal Bisnis Lobster Fahri Hamzah

"Kalau misalnya Gerindra mempertimbangkan kader yang dianggap punya pengalaman paham soal bisnis, mungkin bisa Sandiaga Uno atau Anggawira dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Tapi kalau kita lihat organisasi yang diikuti oleh Anggawira sangat lekat dengan Prabowo di Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) sama seperti Edhy, agak beda dengan Sandiaga Uno yang sebelum menjadi politisi dia latar belakangnya adalah pengusaha," ujar Hurriyah melalui siaran pers yang diterima SerangNews.com, Rabu 2 Desember 2020.

Poinnya untuk Partai Gerindra, lanjut Nuriyah, perlu berhati-hati betul dan harus berusaha memperbaiki citra partainya yang sudah sangat tercoreng dalam kasus korupsinya Edhy Prabowo.

Secara kewenangan, penunjukkan menteri maupun reshuffle kabinet kewenangannya ada di presiden bisa memilih siapapun. Tetapi, jika dalam pembentukan kabinet memang sangat akomodatif.

Baca Juga: Fadli Zon Dikabarkan Masuk Kabinet, Rocky Gerung: Bakal Seru di Bawah Koordinasi Luhut

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x