Mahabharata: Siapa Karna dan Arjuna dalam kelahiran sebelumnya hingga Pertempuran di Baratayudha

- 9 Februari 2022, 11:09 WIB
Ilustrasi pertempuran Arjuna vs Karna di perang Baratayudha Mahabharata.
Ilustrasi pertempuran Arjuna vs Karna di perang Baratayudha Mahabharata. /Tangkap layar YouTube Kode Alam/

SERANG NEWS – Karna dan Arjuna sebenarnya dua kakak beradik yang dilahirkan Dewi Kunti dengan ayah berbeda.

Namun, dalam kisah Mahabharata, Karna dan Arjuna harus berperang di pihak yang beda (Kurawa dan Pandawa) saat perang Kurusestra atau Baratayudha.

Lantas, siapa sebenarnya Karna dan Arjuna dalam kehidupan sebelumnya sampai keduanya harus bersaing satu sama lain dalam kisah Mahabharata?

Dahulu kala hiduplah seorang asura bernama Dambhodbhava. Ia ingin menjadi abadi lewat penebusan dosa dan berdoa kepada Dewa Matahari, Surya.

Surya muncul di hadapannya. Dambhodbhava meminta Surya untuk membuatnya abadi. Tapi, Surya tak bisa memberikan anugerah ini.

Baca Juga: Selain Arjuna dan Karna, Ini Nama-nama Kesatria Pemanah Hebat dalam Kisah Mahabharata

Surya menawarinya permintaan lain. Dambhodbhava pun mengajukan dua permintaan: seribu baju besi yang hanya dapat dipatahkan seseorang yang melakukan penebusan dosa selama seribu tahun dan yang merusaknya segera mati.

Surya sebenarnya khawatir. Tapi Dambhodbhava telah melakukan penebusan dosa  dan harus mendapatkan anugerah yang dimintanya.

Surya merasa Dambhodbhava tidak akan menggunakan kekuatan itu untuk kebaikan. Karena tak punya pilihan, Surya pun memberikannya.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x