Di Balik Kisah Nama Sukarno yang Diambil dari Tokoh Karna dalam Cerita Wayang Mahabharata

- 3 Februari 2022, 13:12 WIB
Kisah nama Koesno menjadi Sukarno yang diambil dari Tokoh Karna dalam cerita Wayang Mahabharata.
Kisah nama Koesno menjadi Sukarno yang diambil dari Tokoh Karna dalam cerita Wayang Mahabharata. /Kolase Dok. Cerita Wayang dan Foto Ken Supriyono/SerangNews.com/

SERANG NEWS – Siapa tidak mengenal Sukarno. Presiden pertama Indonesia yang bersama Bung Hatta dikebal sebagai Bapak Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia.

Tapi siapa yang tahu, di balik nama Sukarno yang terkenal ini, memiliki kisah yang bertalian dengan kisah wayang dalam cerita kolosal Mahabharata.

Sukarno lahir di Paneleh, Surabaya pada 6 Juni 1901 dari pasangan bernama Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai.

Kedua orang tuanya memberi nama Koesno Sosrodiharjo sewaktu baru lahir. Namun, pada umur 11 tahun orang tuanya mengganti nama Koesno menjadi Sukarno.

Baca Juga: Mahabharata, Puisi Epik Terpanjang Karya Sastra Dunia: Jadi Tema Pewayangan Jawa dan Etika Perang Militer

Kisah itu diungkap Sukarno dalam buku Penyambung Lidah Rakyat Indonesia karya Cindy Adam. Kisah ini dimulai ketiga ia dan kelurganya pindah ke Mojokerto saat dirinya berusia enam tahun karena kesulitan ekonomi.

Kepindahan itu tak membuat keadaan semakin baik. Pria yang akrab disapa Bung Karno itu juga kerap sakit-sakitan. Mulai dari malaria, disentri hingga penyakit lainnya.

"Namanya tidak cocok, kita harus memberinya nama lain supaya tidak sakit-sakitan lagi," kata Sukarno dikutip SerangNews.com dalam buku tersebut, Kamis 3 Februari 2022.

Baca Juga: Kisah Awal Mahabharata: Raja Sentanu dan Silsilah Leluhur Para Pandawa serta Kurawa

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Buku


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah