Mahabharata, Puisi Epik Terpanjang Karya Sastra Dunia: Jadi Tema Pewayangan Jawa dan Etika Perang Militer

- 2 Februari 2022, 13:27 WIB
Ilustrasi: Pandawa lima dalam kisah Mahabharata.
Ilustrasi: Pandawa lima dalam kisah Mahabharata. /Ken Supriyono/SerangNews.com/

SERANG NEWS – Kisah Mahabharata disebut menjadi puisi epik terpanjang di dunia dan menjadi tema dalam cerita-cerita wayang di Jawa, Indonesia.

Mahabharata menghadirkan kisah dan karakter tokoh yang ada di dalamnya. Karya ini juga disebut mengandung seni sastra dalam dirinya sendiri dan rahasia hidup sejati.

Kisah Mahabharata oleh World Atlas disebut sebuah epik Sansekerta India kuno. Maksud puisi epik adalah puisi panjang yang menceritakan sebuah cerita.

Jenis cerita ini biasanya berpusat di sekitar peristiwa penting dalam sejarah atau budaya tempat tertentu dan sering menggambarkan beberapa tindakan kepahlawanan yang ditunjukkan oleh karakter utama.

Baca Juga: Kisah Awal Mahabharata: Raja Sentanu dan Silsilah Leluhur Para Pandawa serta Kurawa

Mahabharata menceritakan kisah dua pangeran, Kurawa dan Pandawa, selama Perang Kurukshetra.

Perang ini dimulai sebagai akibat dari konflik antara dua individu ini, yang juga sepupu, dan hak mereka untuk memerintah Kerajaan Kuru atau Hastinapura.

“Beberapa karakter memainkan peran pendongeng dalam epik ini, menceritakan sejumlah cerita pada saat yang sama. Seiring waktu, banyak dari cerita-cerita ini telah diekstraksi dan diperluas, menghasilkan sejumlah karya sastra,” tulis World Atlas yang dikutip SerangNews.com pada Rabu 2 Fabruari 2022.

World Atlas menyebut, Mahabharata berisi sekitar 1,8 juta kata, yang tersebar di seluruh 200.000 syairnya. Dari syair-syair ini, sekitar 24.000 merupakan ide sentralnya dan disebut sebagai Bharata.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: World Atlas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah