5 Ritual Menyeramkan di Akhir Masa Kerajaan Majapahit, dari Adu Kekuatan Gaib hingga Pembangkitan Mayat

- 14 Januari 2022, 13:25 WIB
Fenomena menyeramkan di akhir masa Kerajaan Majapahit.
Fenomena menyeramkan di akhir masa Kerajaan Majapahit. /Tangkap layar kanal YouTube Asisi Channel/

SERANG NEWS – Kisah tentang Kerajaan Majapahit tidak hanya menyangkut soal kemasyuran dan kemakmuran Nusantara.

Dalam sejarah perjalanan panjang sejarah Majapahit, terdapat fenomena sosial atau ritual yang cukup menyeramkan sekaligus menakjubkan.

Kisah ini bukan tentang kisah keruntuhan Kerajaan Majapahit. Akan tetapi, fenomena sosial atau ritual sebagaian masyarakat yang termaktub dalam lontar Calon Arang.

Lalu, apa saja fenomena menyeramkan dan menakjubkan di akhir Kerajaan Majapahit? Berikut SerangNews.com sajikan sebagaimana dilansir dari Asisi Channel:

1. Pembangkitan Mayat

Akhir Majapahit, bahkan dimulai sejak masa keemasannya, diduga berkembang budaya pembangkitan mayat. Fenomena ini bisa ditulis dari naskah tentang Tantrayana.

Baca Juga: Jarang Diketahui Orang, Ini Alasan Keraton Kerajaan Majapahit Lenyap, Benarkah Moksa?

Misalnya, kakawin Sutasoma karya Mpu Tantular (abad 14), cerita tentang mayat-mayat korban perang yang dihidupkan untuk kemudian dimatikan kembali oleh pelaku Tantra. Begitupun dengan lontar Calon Arang.

Mpu Bharaddah diceritakan mampu membangkitkan mayat korban teluh Calon Arang selama mayat tersebut belum. Calon Rang pun disebutkan mampu membangkitkan mayat di kuburan.

“Tampaknya mematikan dan menghidupkan manusia adalah hal yang umum pada pelaku Tantra di zaman itu, yang di sisi lain mengerikan bagi masyarakat non Tantra,” tulis sebagaimana dikutip dari ulasan kanal YouTube Asisi yang diunggah pada 29 Oktober 2021.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x