Ziarah Kubur Jelang Ramadan, UAH Ingatkan Jangan Lakukan Kebiasaan Jahiliah Ini di Depan Makam

- 24 Maret 2022, 18:35 WIB
Ziarah Kubur Jelang Ramadan, UAH Ingatkan Jangan Lakukan Kebiasaan Jahiliah Ini di Depan Makam.
Ziarah Kubur Jelang Ramadan, UAH Ingatkan Jangan Lakukan Kebiasaan Jahiliah Ini di Depan Makam. /Tangkapan layar YouTube/Adi Hidayat Official//

SERANG NEWS- Sebelum memasuki bulan Ramadan tahun ini, masyarakat Indonesia biasanya melakukan ziarah kubur untuk mendoakan orang tua dan saudara yang telah meninggal dunia.

Ziarah kubur sebenarnya baik, jika didasari dengan niat baik. Selain untuk mendoakan orang yang telah meninggal dunia, sekaligus mengingatkan akan kematian.

Namun ada saja dari sebagian orang yang berziarah kubur justru melakukan kebiasaan Jahiliah yang justru akan mendatangkan siksa bagi para penghuni kubur.

Oleh sebab itu Rasulullah SAW pernah melarang ziarah kubur, lantaran khawatir kebiasaan pada masa jahiliah masih akan dilakukan para sahabat yang masih lemah imannya.

Baca Juga: Fitnah UAH dan Donasi Palestina, Zulkifli Hasan: Saya Sedih, Jangan Benturkan Negara dengan Islam!

Namun ketika melihat imam para sahabat semakin kuat, Rasullullah SAW memperbolehkan ziarah kubur agar mengingat akan kematian. Bahwa mahluk yang bernyawa pasti akan mati.

Dikutip SerangNews.com dari kanal YouTube Audio Dakwah yang tayang 10 April 2018 lalu tentang ceramah Ustad Adi Hidayat (UAH) berjudul 'Ziarah Kubur Dilarang Jika Melakukan Ini dijelaskan yang dimaksud kebiasaan jahiliyah.

Dalam ceramah itu, UAH ditanya oleh seorang jamaah yang hadir soal mengenai ziarah kubur ke makam para wali.

Pertanyaan jamaah tersebut kira-kira seperti ini.

Halaman:

Editor: Muh Iqbal Zikri

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x