Sampah Plastik Ancam Biota Laut, TBM Jawara Bersih-Bersih Pantai Karangantu

- 2 November 2020, 20:49 WIB
Aksi bersih-bersih pantai
Aksi bersih-bersih pantai /Serangnews/

SERANGNEWS - Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober, menjadi momentum bagi organisasi atau kelompok pemuda berpartisipasi dalam pembangunan sosial di masyarakat. 

Hal itu yang coba diaplikasikan pemuda yang tergabung di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Jawara Kota Serang, Banten.

Memperingati momen sumpah Hari Sumpah Pemuda, TBM Jawara bersinergi dengan Berbagi Nasi Serang dan didukung beberapa organisasi diantaranya Bank Sampah Digital dan Laz Harfa melakukan aksi bersih pantai dari sampah plastik yang berserakan di pantai teluk Karangantu Kota Serang, Banten.

Sampah plastik yang berasal dari pengunjung dan dari muara sungai yang kerap kali terbawa ombak dan mendarat dipinggiran pantai dikumpulkan dalam karung untuk dibawa ke tempat pembuangan akhir sampah.

Baca Juga: Yadi Ahyadi, Perawat Naskah Kuno Sejarah Banten (1): Ada Naskah yang Mengumpal seperti Tanah

Ketua TBM Jawara, Lailatul Maulidia Rahman mengatakan, kegiatan bersih-bersih sampah ini, dilaksanakan berkaitan dengan hari sumpah pemuda.

Kata Lailatul, dengan kegiatan ini mudah-mudahan bisa menjadi pembelajaran bagi masyarakat dan generasi muda akan pentingnya menjaga lingkungan terutama kebersihan pantai dari sampah plastik yang dapat mengganggu kesehatan dan pemandangan.

"Kami mengajak kolaborasi komunitas-komunitas untuk aksi bersih pantai, hal ini dilakukan karna dipandang sangat sederhana akan tetapi berdampak besar untuk lingkungan dan ajang sosialisasi kepada masyarakat terutama pemuda tentang pentingnya menjaga pesisir pantai dari sampah," katanya, Minggu 1 November 2020 kemarin.

Baca Juga: HMI Serang Akan Judicial Review UU Cipta Kerja Ke MK

Halaman:

Editor: Kiki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x