Astronom ESO Temukan Ledakan Bintang Supernova Tipe II di Galaksi Cartwheel

- 8 Maret 2022, 23:09 WIB
Ilustrasi potret ruang angkasa.
Ilustrasi potret ruang angkasa. /Pixabay/kovandzhiev/

SERANG NEWS – Fenomena Supernova Tipe II yang menakjubkan baru-baru ini ditemukan di Galaksi Cartwheel oleh seorang astronom.

Temuan Supernova Tipe II di Galaksi Cartwheel ini setelah astrotom menangkapnya dengan teleskop teknologi baru ESO dengan foto ruang angkasa SN 2021afdx

Galaksi Cartwheel adalah galaksi lenticular yang terletak sekitar 500 juta tahun cahaya di konstelasi Sculptor.

Galaksi ini dikenal juga sebagai ESO 350-40, IRAS 00352-3359 dan LEDA 2248 yang memiliki diameter 150.000 tahun cahaya dan massa sekitar 3 miliar massa matahari.

Baca Juga: NASA Mulai Rakit Pesawat Ruang Angkasa Europa Clipper, Misi Pemantauan Bulan Jupiter

Sedangkan Supernova merupakan ledakan yang terjadi pada bintang mati. Baik setelah bintang membakar semua bahan bakarnya atau mendapatkan gelombang bahan bakar baru secara tiba-tiba.

“Galaksi Cartwheel pernah menjadi galaksi spiral normal yang mengalami interaksi langsung dengan galaksi pendamping yang lebih kecil beberapa juta tahun yang lalu, memberikan tampilan roda gerimis yang khas,” kata Astronom ESO dikutip SerangNews.com dari SCI News, Selasa 8 Maret 2022.

"Tapi ada hal aneh lainnya tentang objek ini. Sesuatu yang menarik terjadi di sudut kiri bawah gambar baru dari Teleskop Teknologi Baru ESO — sebuah supernova,” sambungnya.

Baca Juga: Curiosity Rover NASA Temukan Karang di Planet Mars, Petunjuk Adanya Kehidupan Baru?

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: SCI News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x