Kamera Dark Energy Potret Gambar Galaksi Spiral NGC 1566 yang Menakjubkan, Begini Penjelasan Astronom

- 8 Maret 2022, 06:00 WIB
Kamera Dark Energy Potret Gambar Galaksi Spiral NGC 1566.
Kamera Dark Energy Potret Gambar Galaksi Spiral NGC 1566. /Dokm NASA /

SERANG NEWS - Kamera Dark Energy berhasil memotret tampaknya galaksi spiral NGC 1566 yang kali pertama ditemukan pada 1826.

Menggunakan Kamera Energi Gelap (DECam) pada Teleskop 4-m Victor M, Blanco di Observatorium Inter-Amerika Cerro Tololo di Chili, para astronom telah menangkap gambar galaksi spiral desain besar NGC 1566 ini.

NGC 1566 terletak sekitar 70 juta tahun cahaya di konstelasi Dorado. Galaksi yang dijuluki Penari Spanyol ini kali pertama ditemukan pada 28 Mei 1826 oleh astronom Skotlandia James Dunlop.

Baca Juga: Curiosity Rover NASA Temukan Karang di Planet Mars, Petunjuk Adanya Kehidupan Baru?

Dua lengan spiral NGC 1566 tampak berputar di sekitar inti galaksi, seperti lengan seorang penari saat mereka berputar-putar dalam pusaran dahsyat.

“NGC 1566 adalah rumah bagi bintang-bintang di semua tahap evolusi bintang,” kata Astronom di Observatorium Gemini dan NOIRLab Dr. Janice Lee dikutip SerangNews.com dari SCI News, Selasa 8 Maret 2022.

Dalam gambarnya, warna biru cerah yang menggarisbawahi lengan galaksi muncul dari bintang muda yang menyala terang. Bintik-bintik gelap di lengan ini adalah jalur.

Baca Juga: Bukan di Arab, NASA Lebih Dulu Ungkap Tempat Yakjuj Makjuj di Bawah Bumi Jumlahnya Ribuan Orang, Benarkah?

“Lengannya kaya akan gas, dan membentuk area skala besar yang menyediakan lingkungan sempurna bagi bintang baru untuk terbentuk," katanya.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: SCI News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x