Madu Palsu Beredar, Begini Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

- 10 November 2020, 19:48 WIB
Ilustrasi madu
Ilustrasi madu /Pixabay/
SERANGNEWS.COM - Selama pandemi Covid-19 pelaku bisnis banyak berinovasi dengan menyesuaikan dengan kondisi pandemi. Seperti dengan menjual masker, Alat Pelindung Diri (APD) dan berbagai vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
 
Selain itu, madu juga banyak diminati karena banyak mengandung vitamin. Namun, ironisnya ada saja oknum tidak bertanggung jawab yang mengedarkan jenis madu palsu.
 
Dengan kemasan dan warna yang hampir sama, tentu sangat sulit untuk membedakan madu asli dan palsu. Namun, ada beberapa cara dan trik untuk membedakannya.
 
 
Dikutip Serangnews.com dari Portaljember.com dengan judul '5 cara mengetahui perbedaan madu murni dan madu palsu, jangan sampai tertipu'. Berikut cara dan trik untuk membedakannya.
 
1. Uji dengan ibu jari
 
Letakkan sedikit madu di ibu jari dan periksa apakah tumpah atau menyebar seperti cairan lainnya. Jika ya, mungkin bukan madu murni.
 
 
Madu murni itu kental sedangkan madu yang tidak murni akan berair. Madu murni menempel pada permukaan yang dioleskan dan tidak menetes.
 
Selain itu, rasa madu yang tidak murni dapat bertahan karena adanya tambahan gula.
 
2 . Uji Menggunakan Air
 
Ambil satu sendok teh madu dan masukkan ke dalam segelas penuh air. Madu palsu akan larut dalam air sedangkan madu murni yang memiliki tekstur lebih padat akan mengendap tepat di dasar gelas sebagai gumpalan.
 
Hal yang sama terjadi pada kertas penyerap noda atau kain putih. Jika madu murni dituangkan pada keduanya, tidak akan terserap atau meninggalkan noda.
 
3. Uji Nyala Api
 
Madu murni bersifat mudah terbakar. Meskipun demikian, perlu berhati-hati saat melakukan tes ini dan melakukannya dengan risiko sendiri.
 
 
Ambil batang korek api kering dan celupkan ke dalam madu. Pukul batang korek api ke kotak korek api. Jika menyala, madu tersebut murni.
 
Jika tidak menyala, itu mungkin madu campuran dan mungkin juga mengandung sejumlah kelembaban yang ditambahkan saat pencampuran.
 
4. Gunakan Cuka
 
Campur satu sendok makan madu, tambahkan sedikit air dan 2-3 tetes cuka. Jika campuran ini berbusa, sangat mungkin madu tersebut sudah dicampur bahan lain.
 
5. Uji dengan Panas
 
Jika madu murni dipanaskan, madu akan berubah menjadi karamel dengan cepat dan tidak berbusa. Namun, madu yang tidak murni mungkin tidak mengalami karamelisasi dan bergelembung saat dipanaskan.
 
Banyak perbedaan antara madu murni dan madu palsu atau campuran. Madu murni juga dapat diidentifikasi hanya dengan mata telanjang dengan memeriksa sifat fisiknya.
 
Madu murni padat dan hanya menetes sedikit. Teksturnya lembut, tidak terpisah menjadi beberapa lapisan, dan menawarkan aroma manis yang khas.
 
Madu mentah yang merupakan madu dalam bentuknya yang paling murni, seringkali meninggalkan sedikit rasa kesemutan atau sensasi terbakar ringan di tenggorokan saat dikonsumsi.***

Editor: Kiki

Sumber: Portal Jember


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x