3 Wali yang Memakamkan Sunan Gunung Jati Sebelum Jasad Sucinya Dijemput Malaikat dan Dikunjungi Para Peziarah

- 20 Juni 2022, 14:31 WIB
3 Wali yang Memakamkan Sunan Gunung Jati Sebelum Dikunjungi Peziarah dan Jasad Sucinya Dijemput Para Malaikat
3 Wali yang Memakamkan Sunan Gunung Jati Sebelum Dikunjungi Peziarah dan Jasad Sucinya Dijemput Para Malaikat /Twitter @ganaislamika

SERANG NEWS – Tak banyak yang tau ternyata inilah tiga wali yang memakamkam Sunan Gunung Jati sebelum jasad sucinya dijemput para malaikat.

Kisah Sunan Gunung Jati menarik untuk diulas. Pasalnya Sunan Gunung Jati merupakan ulama besar yang menyebarkan syiar Islam di tanah Nusantara ini.

Kisah hidup Sunan Gunung Jati banyak diulas dan dituliskan dalam kumpulan buku- buku sejarah penyebaran agama Islam di Indonesia.

Sunan Gunung Jati dikenal oleh masyarakat Jawa sebagai salah satu Wali Songo yang terkenal dengan cara berdakwahnya melalui jalur politik.

Sunan Gunung Jati lahir pada tahun 1448 dari pasangan Syarif Abdullah Umdatuddin bin Ali Nurul Alam dengan Nyai Rara Santang yang merupakan puteri dari Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi.

Berlatarkan kehidupan kerajaan, Sunan Gunung Jati memiliki keahlian dalam berpolitik yang beliau manfaatkan dalam menyebarkan dakwah kepada masyarakat di Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Baca Juga: Akhirnya Terungkap, Ini Mitos Alasan Orang Sunda Tidak Boleh Menikah dengan Orang Jawa, Benarkah?

Sunan Gunung Jati memiliki nama asli Sultan Syarif Hidayatullah Al-Azhamatkhan, yang lebih dikenal sebagai Syarif Hidayatullah.

Selama masa berdakwahnya, beliau tetap dipanggil dengan nama Syarif Hidayatullah atau Sultan Cirebon karena beliau menjabat sebagai sultan kedua di Cirebon pada masa itu.

Halaman:

Editor: Muh Iqbal Zikri

Sumber: Portal Majalengka


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x