Penyebab dan Tips Mencegah Anemia, Kurangi Konsumsi Rokok dan Alkohol

- 13 Mei 2022, 14:55 WIB
Ilustrasi penyebab anemia
Ilustrasi penyebab anemia /pixabay /Arek Socha

SERANG NEWS – Berikut adalah cara mengatasi anemia. Apa sih yang kita ketahui tentang anemia serta apa saja penyebabnya.

Nah pada kesempatan kali ini SerangNews.com, akan mengulas secara singkat mengenai anemia yang disampaikan oleh dr Yudhish Herlambang, pada kanal Youtube SKAWD Health.

Video dengan durasi 4.37 menit itu, membahas mengenai apa itu anemia serta penyebab utama anemia.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Perasaan Insecure, Dimulai dari Diri Sendiri

Dilansir dari kanal Youtube SKWAD Health pada Jumat 13 Mei 2022, dijelaskan bahwa anemia adalah keadaan dimana tubuh kekurangan sel darah merah, untuk mengantarkan oksigen keseluruh jaringan tubuh.

Gejala dari anemia itu sendiri, adalah mudah lelah, tidak bersemangat, dan pucat. Selanjutnya dr Yudhish Herlambang, menjelaskan bahwa ada tiga penyebab utama anemia, yaitu

1. Kurangnya Produksi Sel Darah Merah.

Kurangnya produksi sel darah merah, kondisi ini kemudian dibagi menjadi dua. Pertama, produksi sel darah merah yang kurang, kondisi tersebut biasa ditemukan pada penyakit bawaan anemia aplastik.

Baca Juga: Penyebab Tumbuh Jerawat Kecil Pada Dahi? dr Zaidul Akbar Sebut 5 Hal Ini

Yang kedua yaitu hemoglobinnya yang kurang, kondisi tersebut terjadi pada anemia penyakit kronis, dimana proteinnya berkurang sehingga untuk membentuk hemoglobin juga berkurang.

Halaman:

Editor: Masykur Ridlo

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x