6 Cara Supaya saat Menstruasi Tetap Nyaman dan Anti Bad Mood Menurut dr Zaidul Akbar

- 21 April 2022, 04:55 WIB
Ilustrasi: 6 cara atasi menstruasi tetap nyaman dan tidak bad mood menurut dr Zaidul Akbar.
Ilustrasi: 6 cara atasi menstruasi tetap nyaman dan tidak bad mood menurut dr Zaidul Akbar. /Pixabay/vdnhieu/


SERANG NEWS - Ahli kesehatan herbal dr Zaidul Akbar membagikan informasi tentang cara agar merasa nyaman dan berkurangnya rasa bad mood saat menstruasi.

dr Zaidul Akbar mengatakan bahwa ada 6 cara ampuh untuk mengatasi rasa bad mood dan membuat nyaman para wanita saat menstruasi

Pada saat datang bulan atau menstruasi, wanita tidak hanya mengalami gejala fisik seperti nyeri atau kram pada perut, melainkan juga gejala emosional. 

Salah satu gejala emosional yang umum dan kerap kali dirasakan oleh wanita saat datang bulan adalah mood atau suasana hati yang buruk.

Baca Juga: Inilah 3 Cara untuk Menyeimbangkan pH Tubuh Menurut dr Zaidul Akbar, Salah Satunya dengan Puasa

Mood buruk saat datang bulan sebenarnya adalah efek dari premenstrual syndrome (PMS), yang umumnya terjadi mulai dari 1–2 minggu sebelum datang bulan. 

Bad mood atau mood yang buruk biasanya sudah ada dan terasa dari rentang waktu tersebut dan akan berhenti di hari ke-2 menstruasi. 

Namun, saat datang bulan mood buruk bisa jadi lebih parah karena disertai dengan gejala fisik yang menimbulkan rasa tidak nyaman.

Baca Juga: 6 Cara Mudah untuk Makan Lebih Sehat, dr Zaidul Akbar Ingatkan Harus Menjaga Asupan Protein

Perubahan mood pada masa PMS disebabkan oleh naik turunnya kadar hormon estrogen dalam tubuh. Kadar hormon estrogen ini paling tinggi saat terjadinya pelepasan sel telur atau ovulasi.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x