Siapa Rohana Kudus, Pahlawan Nasional dari Tanah Minang yang Trending di Google, Ini Profilnya

- 8 November 2021, 10:54 WIB
Pahlawan Nasional dan Jurnalis Perempuan Pertama Rohana Kudus
Pahlawan Nasional dan Jurnalis Perempuan Pertama Rohana Kudus /Tangkapan layar website/sumbarprov.go.id//

SERANG NEWS- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh di Istana Negara, Jakarta, Senin 8 November 2021.

Wakil Ketua Dewan Gelar, Tanda, Jasa dan Tanda Kehormatan Negara Jimly Asshiddiqie mengatakan, keenam tokoh tersebut dinilai sangat berjasa bagi Indonesia.

Dari enam tokoh tersebut ada nama Rohana Kudus menjadi salah satu orang yang akan dianugerahi gelar pahlawan nasional itu.

Lalu siapakah Rohana Kudus yang merupakan pahlawan nasional dari tanah Minang, berikut profil singkatnya yang dirangkum SerangNews.com dari berbagai sumber.

Baca Juga: 10 Link Twibbon Ucapan Hari Pahlawan Nasional 10 November 2021, Cocok Dipasang di Media Sosial

Nama Rohana Kudus sangat harum di Sumatera Barat (Tanah Minang). Dia juga merupakan jurnalis perempuan pertama di Indonesia.

Perjalanan gelar nama pahlawan untuknya sudah diajukan sejak 2018 lalu oleh Pemerintah Sumatera Barat namun belum membuahkan hasil. Barulah pada tahun ini gelar tersebut akhirnya diberikan kepada Rohana Kudus.

Rohana Kudus diketahui merupakan salah satu pelopor pers Indonesia. Oleh karena itu dirinya dinilai layak menjadi pahlawan nasional dari Kabupaten Agam.

Banyak jasa-jasa yang dihasilkan oleh Rohana Kudus. Di antaranya mendirikan sekolah Kerajinan Amai Setia (KAS) di Kotogadang pada 1911.

Halaman:

Editor: Muh Iqbal Zikri

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah