3 Tokoh Militer Ini Sukses Tampuk Kekuasaan Melalui Kudeta, Berikut Sejarah dan Sosoknya

- 15 Februari 2021, 18:26 WIB
ilustrasi perang karena kudeta militer
ilustrasi perang karena kudeta militer /pixabay/comfreak//

SERANG NEWS – Peristiwa kudeta milter kembali terjadi lagi. Terbaru adalah Kudeta Myanmar yang dimulai pada 1 Februari 2021, ketika Penasihat Negara Aung San Suu Kyi, Presiden Win Myint, dan beberapa pimpinan dari partai penguasa ditahan oleh militer Myanmar.

Perlu diketahui, bahwa kudeta militer terjadi ketika ada penggulingan pemerintahan secara tiba-tiba, biasanya dilakukan oleh militer negara.

Motif tindakan tersebut adalah untuk mengganti pemerintah yang telah eksis terlebih dahulu dengan badan lain dari militer itu sendiri, atau sipil yang dipilih oleh penguasa.

Kudeta bisa berlangsung tanpa darah dan bisa pula sebaliknya. Bahkan tak jarang beberapa kudeta berujung perang saudara yang merenggut banyak korban jiwa antar anak bangsa.

Baca Juga: Prediksi Love Story The Series Senin 15 Februari 2021, Anita Kasih Lihat Foto Ken Bersama Nadin, Maudy Kecewa

Dilansir SerangNews.com dari History, Senin 15 Februari 2021, berikut 3 tokoh militer terkenal yang sukses menembus tampuk kekuasaan melalui jalan kudeta. Berikut sejarah dan sosoknya.

1. Napoleon Bonaparte

Usai kembali dari kampanye militernya di Mesir pada Oktober 1799, Napoleon Bonaparte mulai berencana menggulingkan direktori beranggotakan lima orang yang memerintah Perancis.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: History


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x